Portal Berita Tegal
Beranda Sains 5 Cara Paling Mendasar untuk Cegah Kanker dalam Tubuh

5 Cara Paling Mendasar untuk Cegah Kanker dalam Tubuh

Detik Tegal Tekno – Seorang ahli bedah kosmetik dan ahli biokimia terkenal TikTok mencantumkan lima cara untuk mengurangi risiko kanker.

Dr berusia 54 tahun dari San Diego, California. Reza Tirgari telah memperoleh lebih dari 522.000 pengikut TikTok dengan membagikan tips kesehatannya.

Dalam video yang kini menjadi viral, ia menyarankan lima hal sederhana dan mendasar yang dapat kita lakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker. “Lima hal teratas ini dapat menjauhkan Anda dari risiko kesehatan dalam jangka panjang,” kata dokter tersebut pada Senin, 13 November 2023, menurut Daily Health.

Berikut penjelasannya:

Berhenti merokok

Petunjuk pertama dari dokter. Cara paling efektif untuk melindungi diri Anda dari kanker adalah dengan berhenti merokok segala bentuk. Ia menyarankan untuk tidak berhenti merokok, vaping, atau hookah karena berdampak buruk bagi paru-paru dan dapat menyebabkan kerusakan permanen. “Lepaskan apa pun yang tidak boleh masuk ke paru-paru Anda,” katanya.

Menurut Cancer Australia, diperkirakan 90 persen kanker paru-paru pada pria dan 65 persen kanker paru-paru pada wanita di Australia disebabkan oleh merokok.

Makan dan berolahraga secara teratur

Tidak mengherankan, mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur berada di urutan kedua.

Dr Tirgari mengatakan obesitas dikaitkan dengan banyak jenis kanker, termasuk kanker hati, ginjal, dan kandung empedu. “Periksa berat badan dan olah raga Anda,” katanya.

Daging olahan

Juga Dr. Tirgari merekomendasikan untuk menghindari daging olahan seperti ham dan babi dengan cara apa pun.

“Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menunjukkan bahwa salami dan semua jenis daging babi serta daging yang diawetkan meningkatkan risiko kanker usus besar, dan ini benar,” katanya.

“Hilangkan makanan ini dari diet Anda dan Anda akan menjalani hidup yang lebih sehat,” lanjutnya.

Praktekkan seks yang aman

Hanya sedikit orang yang memahami pentingnya seks aman karena IMS berpotensi menyebabkan penyakit atau kanker. “Kita semua tahu bahayanya HIV, tapi tahukah Anda bahwa hepatitis dan HPV berhubungan dengan hubungan seks tanpa kondom?” Dr. Tirgari melanjutkan.

Hepatitis sangat meningkatkan risiko kanker hati, sedangkan HPV dapat menyebabkan kanker serviks. “Jika Anda berisiko, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan vaksinasi,” tambahnya.

Tabir surya atau tabir surya

Terakhir, untuk mengurangi risiko kanker kulit, tabir surya atau tabir surya sebaiknya digunakan setiap hari, apa pun musimnya. “Anda harus memakainya setiap kali keluar rumah, baik saat matahari bersinar atau tidak,” jelas Dr. Tikarari.

“Tingkat kanker kulit meningkat, dan tabir surya adalah pertahanan terbaik Anda. Saya menggunakannya setiap hari.”

Tabir surya sebaiknya diaplikasikan 20 menit sebelum aktivitas luar ruangan dan diaplikasikan kembali setiap dua jam. Ji Sang Wook Minta Maaf Karena Merokok di Dalam Ruangan Ji Sang Wook akhirnya meminta maaf setelah melakukan sesuatu yang memalukan saat syuting drama Korea Welcome to Chamdalry. Detik Tegal.co.id 12 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan