Portal Berita Tegal
Beranda Lifestyle 5 Ciri-Ciri Atasan Toxic yang Membuat Karyawan Tidak Nyaman

5 Ciri-Ciri Atasan Toxic yang Membuat Karyawan Tidak Nyaman

Detik Tegal – Setiap orang ingin memiliki lingkungan kerja yang sehat. Sayangnya, tidak semua orang bisa mencapai hal tersebut dengan mudah. Salah satu hal yang mengganggu seseorang dalam bekerja adalah atasan yang menyebalkan atau atasan yang beracun.

Bos yang beracun dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan kesal di tempat kerja dan sering kali menjadi alasan terbesar untuk meninggalkan pekerjaan. Namun sebelum Anda menganggap atasan Anda beracun, sebaiknya ketahui dulu ciri-cirinya.

Faktanya, seseorang dapat melihat dengan jelas ciri-ciri bos yang beracun. Mungkin Anda sudah merasakannya selama ini, namun Anda masih menyangkal atau tidak menyadarinya.

Untuk lebih jelasnya, coba kenali jika Anda melihat ciri-ciri atasan yang toxic pada diri atasan Anda, seperti berikut ini.

1. Anda tidak mau menerima saran dan kritik

Atasan yang beracun tentu tidak berpikiran terbuka, seperti tidak menerima saran dan kritik dari rekan kerja atau bawahan. Atasan yang beracun selalu menuntut bawahannya untuk mematuhi dan mengikuti perintahnya tanpa mempertanyakan keputusannya.

Jelas bahwa komunikasi di antara mereka hanya bersifat satu arah bagi bawahan dari atas. Keadaan seperti ini sering disebut dengan pemimpin atau atasan yang otoriter. Citra bos yang beracun. (pexels/orang ketiga)

2. Tidak nyata

Setiap orang mempunyai keinginan dan tujuan yang ingin dicapai dalam bekerja. Sayangnya, mungkin ada manajer yang mempunyai ekspektasi luar biasa terhadap bawahannya tanpa mempertimbangkan sumber daya manusia (SDM), biaya implementasi, atau anggaran secara matang lebih awal dari jadwal.

Tak jarang, atasan selalu mengubah detail pekerjaan bawahannya yang berbeda dengan apa yang perlu dilakukan.

3. Tidak bertanggung jawab dan selalu menyalahkan orang lain

Bos yang beracun sering kali menghindari tanggung jawab yang seharusnya mereka penuhi. Faktanya, atasan yang beracun mengalihkan tanggung jawab kepada orang lain untuk menjaga reputasinya di tempat kerja.

4. Sikapnya mengintimidasi bawahan

Bos yang beracun sering kali mengontrol setiap tindakan karyawannya, sehingga menciptakan lingkungan kantor yang tidak sehat. Karyawan juga merasa tidak nyaman membicarakan masalah pekerjaan dengan atasannya. Sehingga, keadaan ini menimbulkan komunikasi yang buruk dan berdampak pada pekerjaan.

5. Mudah bosan

Seorang atasan yang anti kritik tentu akan mudah tersinggung dengan perkataan bawahannya. Situasi ini bahkan tidak membuat karyawan lain mau terbuka terhadap ide-ide baru.

Ini adalah kumpulan ciri-ciri bos beracun yang harus Anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan