Portal Berita Tegal
Beranda Teknologi 6 Cara Mengatasi Sensor Fingerprint di HP Android yang Tidak Bekerja

6 Cara Mengatasi Sensor Fingerprint di HP Android yang Tidak Bekerja

JAKARTA – Cara mengatasi sensor sidik jari ponsel Android yang tidak berfungsi atau tidak berfungsi, silahkan disimak, sehingga ketika terjadi masalah, Anda bisa menyelesaikan sendiri masalahnya.

Saat ini banyak sekali ponsel Android yang menggunakan fitur sidik jari untuk keamanan. Meski terkesan canggih pada masanya, bukan berarti fitur sidik jari ini tanpa masalah.

Sebab terkadang fitur ini tidak berfungsi dengan baik saat membaca sidik jari pengguna. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai alasan, seperti masalah sensor atau bahkan penumpukan cache.

Namun, masih ada kemungkinan sensor sidik jari tidak berfungsi.

6 Cara Bypass Sensor Sidik Jari di HP Android1. Reboot Handphone Cara Mengatasi Sensor Sidik Jari Tidak Lancar Di Handphone Android Reboot terlebih dahulu perangkat anda. Cara ini merupakan langkah paling umum ketika terjadi berbagai masalah pada smartphone.

2. Reset Pengaturan Cara ini dapat dilakukan dengan masuk ke menu “Pengaturan”, lalu pilih opsi “Manajemen Umum” dan pilih opsi “Reset Semua Pengaturan”.

3. Reset pemindaian sidik jari: Jika cara sebelumnya tidak berhasil, pengguna dapat mereset pemindaian sidik jari. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke Pengaturan, memilih bagian Keamanan & Privasi, memilih opsi Kunci Layar, dan mengetuk Sidik Jari.

Nantinya, pengguna harus memasukkan kode yang telah ditetapkan sebelumnya untuk masuk ke halaman berikutnya. Setelah masuk ke menu “Sidik Jari”, hapus sidik jari yang terdaftar dan pindai kembali sidik jari tersebut.

4. Bersihkan sensor sidik jari: Sidik jari yang tidak berfungsi dengan baik dapat disebabkan oleh permukaan sidik jari yang kotor, sehingga sensor tidak dapat membaca permukaan jari secara maksimal. Coba bersihkan permukaan layar atau sidik jari dengan tisu atau kain bersih sebelum memindai.

5. Hapus cache Memori cache yang menumpuk di ponsel juga bisa menjadi penyebab beberapa fungsi di perangkat tidak berjalan lancar. Coba bersihkan cache di semua aplikasi terlebih dahulu sebelum memindai sidik jari Anda.

6. Reset ponsel Anda: Jika salah satu metode di atas masih tidak berhasil, coba reset ponsel cerdas Anda ke pengaturan pabrik. Karena masalah ini biasanya disebabkan oleh virus atau malware yang menurunkan fungsi sistem pada perangkat Android Anda.

Namun melakukan reset smartphone ke pengaturan pabrik juga akan menyebabkan seluruh data smartphone hilang. Jadi, sebelum mengembalikan pengaturan smartphone, pastikan untuk memindahkan semua file penting ke memori eksternal agar tidak terhapus.

Itulah enam cara mengatasi masalah sensor sidik jari yang tidak berfungsi di Android. Jika masalah masih belum bisa teratasi dengan cara-cara di atas, sebaiknya bawa ponsel Anda ke service center terdekat untuk diperbaiki oleh ahlinya.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan