Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi 7 Jurusan Kuliah S2 yang Paling Diincar BUMN, dari Manajemen hingga Ilmu Komputer

7 Jurusan Kuliah S2 yang Paling Diincar BUMN, dari Manajemen hingga Ilmu Komputer

JAKARTA – Setidaknya ada 7 program pascasarjana yang terdampak serius oleh BUMN. Beberapa kursus tersebut dapat dipilih oleh mereka yang ingin melanjutkan pendidikan menengah dengan tujuan bekerja di perusahaan pemerintah.

Setiap orang yang melanjutkan pendidikan ke Magister kebanyakan ingin mendapatkan karir yang lebih baik dari sebelumnya. Terlebih lagi, persaingan dunia kerja untuk mendapatkan pekerjaan magister tidak seketat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan bagi lulusan.

Salah satu tempat lulusan Magister bekerja adalah BUMN. Bisa dikatakan, setiap pegawai BUMN diperbolehkan mempunyai kehidupan dan pekerjaan yang baik.

7 Program studi S2 terutama menyasar BUMN1. Pengelolaan

Pada penerimaan BUMN tahun 2023, jurusan Magister Manajemen sangat diminati sebagai perencana strategis dan staf pengembangan bisnis.

Baca Juga: 10 Gelar Non-Teknis yang Dibutuhkan Lulusan di Perusahaan Pemerintah

Tak heran, mengingat mata kuliah penting ini mengajarkan kemampuan mengelola berbagai aspek bisnis, seperti manajemen keuangan, personalia, pemasaran, produksi, operasional, dan strategi bisnis.

2. Mental

Mahasiswa pascasarjana di bidang psikologi akan dibutuhkan oleh banyak instansi pemerintah untuk mengisi posisi di departemen pengembangan tenaga kerja mereka. Bagi lulusan yang sudah berpengalaman pasti lebih mudah diterima.

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan hubungan interpersonal. Hal ini berguna bagi lulusan untuk ditempatkan di bidang terkait HR.

3. Akuntansi

Berikutnya ada akuntansi yang selalu diperlukan untuk menjadi seorang akuntan di BUMN. Pada dasarnya ilmu mempelajari bagaimana menulis laporan keuangan, mengevaluasi dan mengevaluasi informasi keuangan.

Namun, pada tingkat master, akuntansi akan dipotong secara mendalam. Hal ini memberikan kesempatan bagi lulusan Magister Akuntansi untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi.

4. Keterampilan komunikasi

Lulusan bidang sains juga dibutuhkan di BUMN, khususnya di bidang humas atau pemasaran. Departemen ini pasti dibutuhkan di media pemerintah.

Baca juga: Jurusan Studi D3 Bagi Lulusan Dipukul Keras oleh Pertamina

Kemampuan mahasiswa yang menyelesaikan Magister Ilmu Komunikasi bisa dikatakan sangat beragam, mulai dari kemampuan komposisi bahasa hingga penciptaan ekspresi yang menarik.

5. Arsitektur

BUMN yang bergerak di bidang pembangunan pasti membutuhkan peran seorang arsitek yang berprofesi sebagai desainer. Oleh karena itu peran lulusan Magister Arsitektur akan sangat penting.

Lulusan arsitektur akan mempunyai pengalaman dalam menciptakan desain arsitektur yang memperhatikan nilai fungsionalitas, kualitas dan keamanan.

6. Arsitektur

Gelar sarjana teknik juga sangat dibutuhkan oleh BUMN, mengingat kebutuhan tenaga teknis sangat dibutuhkan. Dengan gelar Magister Teknik, selain dapat mengisi posisi staf teknis, Anda juga dapat mengelola pekerjaan staf teknis.

Lulusan Magister Teknik diperlengkapi sepenuhnya untuk memikirkan gambaran besar industri dalam hal perencanaan dan pengembangan, manajemen dan pemikiran industri.

7. Keterampilan komputer

Dunia digital yang terus berkembang saat ini membuat jurusan Magister Ilmu Komputer sangat dicari saat ini dan kemungkinan besar di masa depan.

Alumni Magister Ilmu Komputer nantinya akan mampu memecahkan masalah sistem komputer, menyediakan algoritma yang efisien, mengelola database besar, dan membuat perangkat lunak dan alat baru.

Inilah tujuh kualifikasi yang diincar BUMN. Namun, dalam memilih gelar pertama sebaiknya pikirkan kemampuan Anda agar tidak kewalahan selama studi.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan