Scroll untuk baca artikel
Hiburan

9 Hal yang Jadi Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

19
×

9 Hal yang Jadi Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Anda sudah menggosok gigi, mematikan semua lampu dan naik ke tempat tidur, namun saat berbaring di tempat tidur, Anda hanya melihat ke langit-langit dan memikirkan hal-hal yang menimbulkan masalah bagi Anda. Tidur

Kita sering menghadapi kesulitan untuk bolak-balik sepanjang malam mencoba untuk tertidur.

Orang yang mengalaminya merasa cemas saat ingin tidur. Ya, kecemasan dapat membuat otak bekerja terlalu keras dan membuat otak sulit untuk rileks. Ketika seseorang merasa cemas, pikirannya sering kali terus memikirkan berbagai masalah atau kekhawatiran sehingga membuatnya sulit untuk menenangkan pikiran dan mendapatkan tidur yang nyenyak.

Selain itu, ketika seseorang merasa cemas, tubuhnya menjadi tegang, termasuk otot leher, bahu, dan punggung. Stres ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan fisik hingga sulit tidur.

Faktanya, kecemasan bahkan bisa menimbulkan gejala fisik lain seperti detak jantung cepat atau pernapasan tidak teratur, sehingga membuat banyak orang sulit mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

“Kekhawatiran yang terus-menerus bisa membuat kita kurang bahagia, dan tentunya bisa menyebabkan sulit tidur di malam hari,” ujar Alex Dimitriou, MD, psikiater bersertifikat, dikutip dalam Best Life, Senin (1/4/2024).

Jadi ketahuilah apa saja hal-hal yang menyebabkan sulit tidur dan bagaimana cara mengatasinya.

Banyak orang dengan cepat mempersiapkan segala sesuatu yang perlu mereka selesaikan keesokan harinya sambil berbaring di tempat tidur.

Jika Anda sering mengalami situasi ini, jangan lari dan jangan memikirkannya, saran psikoterapis berlisensi, Faith Reyes, LMFT.

“Nyalakan lampu, bangun dari tempat tidur, dan tuliskan. Memiliki agenda akan mengurangi kecemasan,” kata Reyes.

“Jika Anda merasa kewalahan memikirkannya sepanjang waktu, membuat daftar hal yang harus dilakukan akan meningkatkan kendali dan motivasi Anda. Singkirkan tugas-tugas besok dari pikiran Anda dan tuliskan di atas kertas, sehingga Anda dapat bersantai.”

Menurut psikolog Gail Weil, LCSW, rasa cemas terhadap pekerjaan juga bisa membuat orang sulit tidur di malam hari.

“Kecemasan umum ini memengaruhi tidur, karena menciptakan siklus berpikir berlebihan dan mengantisipasi, sehingga sulit untuk beristirahat dan bersantai,” ujarnya.

Jika Anda sering merasa stres karena berangkat kerja di pagi hari membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak, Weil merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan terapis.

“Melalui terapi, seseorang dapat mengubah pemikirannya dan mempelajari strategi untuk mengelola kecemasan terhadap kinerjanya, atau belajar bagaimana menghadapi atasan atau rekan kerja yang membuat tidak nyaman. Membuat merasa lebih baik, dapat menciptakan sikap positif dan menjadi lebih baik. lebih bisa mengendalikan diri lain kali.” Per hari,” jelasnya.

Meskipun Anda biasanya sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas di siang hari, Anda mungkin mendapati pikiran Anda beralih ke kekhawatiran yang serius di malam hari.

“Seringkali pemikiran ini berpusat pada topik gaya hidup,” kata Alex Oliver-Gains, LMFT, terapis berbasis di San Francisco yang berspesialisasi dalam gangguan kecemasan.

Oliver-Gains menyarankan untuk mengatasi kondisi ini dengan meluangkan lebih banyak waktu di siang hari untuk memikirkan hal-hal tersebut atau dengan mengelola pemikiran tersebut secara sistematis.

“Jika tidak bisa, carilah pertolongan ke psikiater,” ujarnya.

Mungkin penyebab paling umum dari kekhawatiran yang membuat orang sulit tidur di malam hari adalah situasi keuangan mereka.

Penasihat Keuangan Bersertifikat, Preston Cherry, PhD, mengatakan kepada Best Life bahwa ini adalah sesuatu yang sering dia temui dalam pekerjaannya.

“Ketidakpastian uang membuat masyarakat khawatir di siang hari dan sulit tidur di malam hari,” ujarnya. “Karena orang-orang memikirkan cara untuk mendapatkan ‘cukup’, seperti: Apakah kita cukup? Dan bagaimana kita mendapatkan cukup?”

Untuk mengatasi kecemasan ini dan mendapatkan kembali tidur malam yang nyenyak, Anda perlu mengatasi ketidakpastian tersebut.

Cherry berkata, “Mengelola keuangan Anda dengan membuat rencana dan mengelolanya dengan benar membantu Anda bergerak menuju perdamaian dengan percaya diri, mengubah sesuatu yang tidak diketahui menjadi sesuatu yang diketahui dan membantu membentuk kehidupan yang Anda inginkan.”

Beberapa orang menghabiskan waktu mereka di tempat tidur pada malam hari dengan mengingat kembali kejadian hari itu dalam pikiran mereka.

Ketika mereka melakukan ini, mereka dapat mulai merenungkan kejadian hari itu dan merespons dengan pemikiran yang lebih luas, menurut Oliver-Gains.

Hal ini dapat mencakup pertengkaran dengan rekan kerja, pertemuan di tempat kerja yang seharusnya bisa berjalan lebih baik, atau bahkan mengetik email.

Apa pun yang terjadi, Oliver-Gains mengatakan penting untuk memfokuskan pemikiran Anda dalam memutuskan apa yang dapat Anda lakukan selanjutnya daripada berfokus pada masa lalu.

Pada saat yang sama, orang lain mungkin fokus pada apa yang tidak mereka katakan pada acara hari itu. Namun, menyalahkan diri sendiri tentang apa yang seharusnya Anda katakan tidak akan membantu Anda tidur.

Sebaliknya, cobalah ucapkan dengan lantang apa yang ingin Anda katakan sebelum tidur,” saran Reyes.

Dia menambahkan, “Mendengar diri sendiri mengucapkan kata-kata tersebut dapat memberi Anda latihan dan meningkatkan peluang Anda untuk dapat mengucapkannya pada waktu yang tepat di lain waktu.”

Sangat mudah bagi orang untuk tetap terjaga karena mengkhawatirkan masalah yang berkaitan dengan kesehatan atau keselamatan mereka.

Namun apa yang dapat Anda lakukan untuk berhenti berfokus pada ketidakpastian sehingga Anda akhirnya bisa rileks?

Oliver-Gains merekomendasikan untuk memfokuskan pikiran Anda pada hal-hal yang Anda ketahui. Dia berkata: “Pikirkan tentang kekuatan Anda.

“Apa yang membawa Anda sejauh ini dalam hidup Anda? Pikirkan bagaimana Anda bisa memecahkan masalah di masa lalu,” tambahnya.

Beberapa dari kita tidak hanya bergumul dengan kecemasan di malam hari. Ashley Fields, LCSW, seorang terapis kesehatan mental yang berbasis di Indianapolis, mengatakan pikiran yang membanjiri otak dapat membuat orang tetap terjaga.

Dia menyarankan salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah melalui teknik yang digunakan dalam terapi penerimaan dan komitmen.

“Bayangkan sebuah sungai mengalir melalui hutan,” kata Fields.

Dia menjelaskan bahwa ketika Anda berpikir, Anda harus membayangkan menempatkan pemikiran tersebut pada sehelai daun dan membiarkannya melayang ketika Anda siap. Latihan ini membantu Anda mengendalikan semua pikiran Anda (positif, negatif dan netral).

“Terkadang stres karena tidak bisa tidur membuat kita tetap terjaga,” kata Caitlin McMahon, MSW, psikoterapis terdaftar dan ahli strategi konten di TherapySEO.

Jika Anda kurang tidur, Anda mungkin khawatir tentang apa yang Anda rasakan keesokan harinya.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengubah pemikiran ini, menurut McMahon, yang menurut orang bermanfaat adalah meditasi yang dipandu, cerita sebelum tidur, atau mendengarkan suara yang menenangkan seperti tetesan air hujan.

“Hal ini bisa menyebabkan otak Anda fokus pada hal lain, bukan fokus pada pikiran yang membuat Anda cemas,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *