Portal Berita Tegal
Beranda Teknologi AI Bakal Jadi Penanda Matinya Industri Musik Atau Jadi Era Baru Kreativitas?

AI Bakal Jadi Penanda Matinya Industri Musik Atau Jadi Era Baru Kreativitas?

Detik Tegal, JAKARTA — Di dalam pusat rekaman Queen Mary University of London, tim peneliti memanfaatkan alat kecerdasan buatan (AI) baru untuk menghasilkan apa yang mereka sebut ‘dunia musik baru. Andrea Martonelli dan Max Graff termasuk di antara lebih dari 30 mahasiswa PhD yang bekerja dengan Dosen Senior di Media Digital, Dr Matthew Barrett, untuk mengeksplorasi desain komputer dan kecerdasan buatan.

Bersama-sama, mereka telah menciptakan studio masa depan tempat musik bertemu dengan teknologi baru. “Ini seperti augmented reality, XR, ini adalah cara untuk memperluas realitas virtual yang kita jalani,” kata Graf kepada Reuters saat memperkenalkan Netz, perangkat realitas virtual miliknya.

Netz dimainkan menggunakan headset asli bersertifikat yang melacak pergerakan untuk menghasilkan keluaran yang akurat, seperti not atau akord. Martonelli memainkan HITAr, gitar canggih dengan sensor buatan, yang menghitung gerakannya untuk menghasilkan suara drum dan synthesizer.

Meskipun kehadiran AI dalam penciptaan musik mungkin sudah ada sejak tahun 1950an, kemajuan AI dalam robot pembuat musik membuka jalan baru bagi bintang pop digital. . Namun hal ini menimbulkan perbedaan pendapat.

Kecerdasan Buatan, yang diperluas tahun lalu oleh sistem ucapan ChatGPT, dapat secara otomatis menghasilkan konten, termasuk suara asli, kata-kata, atau lagu lengkap. Namun artis sering kali menggunakan AI sederhana untuk meningkatkan suara mereka.

Rocker Inggris YUNGBLUD mengatakan kepada Reuters bahwa dia yakin kecerdasan buatan dapat membantu musiknya “berkembang ke arah yang berbeda”. Beberapa musisi khawatir bahwa teknologi akan melampaui batas.

“Saya pikir jika Anda memerlukan AI untuk membantu saya menulis lagu, terutama jika itu adalah lagu khayalan, itu tidak keren,” kata Amy Love dari duo rock Nova Twins, mengacu pada suara sintetis artis tersebut.

The Beatles baru saja merilis…

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan