Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi AICIS 2024 Hasilkan Semarang Charter, Ini 9 Butir Pernyataan Pentingnya

AICIS 2024 Hasilkan Semarang Charter, Ini 9 Butir Pernyataan Pentingnya

Semarang – Pada tahun 2024, AICIS ke-23 membuat Piagam Semarang yang dibacakan oleh Plt. Rektor UIN Walisongo Prof. Nizar Ali, M.Ag saat menutup acara 23rd Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2024 di Hotel Padma, Semarang pada Sabtu (2/3/2024) malam.

9 poin Piagam Semarang untuk Konferensi AICIS ke-23 tahun 2024

1. Keyakinan, tradisi dan praktik agama di seluruh dunia begitu kaya, beragam dan tidak dapat ditafsirkan secara terpisah sehingga setiap orang harus mengakui dan menghormati keragaman ini sebagai sumber kekuatan dan pemahaman dalam menanggapi krisis kemanusiaan.

2. Dalam menghadapi krisis kemanusiaan yang terjadi saat ini, komunitas agama harus bekerja sama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam mengurangi penderitaan, membangun solidaritas dan menciptakan keadilan dan kesetaraan.

3. Ajaran agama harus dimaknai secara dingin dan moderat untuk menjaga harkat dan martabat setiap individu, oleh karena itu perlunya kampanye pemeliharaan hak asasi manusia dan keadilan sosial dalam setiap aspek kehidupan manusia.

4. Untuk menghindari sesedikit mungkin konflik sosial, ekonomi, dan bahkan politik, para pemimpin dan organisasi keagamaan harus berpartisipasi aktif dalam dialog antar agama dan kepercayaan, menghindari sentimen keagamaan, meningkatkan pemahaman dan kerja sama penuh sebagai jembatan simpati antar sesama.

5. Menyadari hubungan yang tidak dapat dipisahkan antara agama, kemanusiaan dan lingkungan hidup, maka komitmen terhadap pengelolaan lingkungan hidup dan promosi semua praktik berkelanjutan yang berkontribusi terhadap kesejahteraan bumi dan penghuninya sangatlah penting.

6. Mengingat pembunuhan massal dan kekejaman yang terjadi baru-baru ini terhadap sesama manusia, komunitas agama dan kepercayaan terlibat dalam upaya nyata untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang terkena dampak, apapun agama dan kepercayaannya, untuk meringankan penderitaan mereka dan mempercepat pemulihan.

7. Komunitas agama dan kepercayaan berkomitmen untuk memberdayakan dan memperkuat komunitas secara berkelanjutan untuk menghindari terulangnya konflik.

8. Untuk menjauh dari emosi dan tantangan yang mengganggu hubungan sosial antar umat manusia, umat beragama dan beriman harus mengedepankan penggunaan teknologi secara bijak untuk menghindari eskalasi konflik.

9. Para pemimpin agama dan kepercayaan berkomitmen untuk mendorong terbentuknya kepemimpinan etis yang dapat meningkatkan keimanan dalam komunitas masing-masing dan masyarakat luas.

Pj Rektor UIN Walisongo Prof. Nizar Ali, M.Ag yang diminta membacakan Piagam Semarang menyampaikannya dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia.

Acara penutupan AICIS ke-23 tahun 2024 dihadiri banyak pihak, antara lain Menteri Agama (Menag) Yakut Cholil Koumas, (Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Muhammad Ali) Ramdhani, serta para rektor dan guru besar berbagai universitas Islam terkemuka di Indonesia.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan