Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Anti Ribet! Ini Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

Anti Ribet! Ini Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

Jakarta – Kini siapa pun bisa membuat filter di Instagram lho. Filter Instagram pertama kali muncul pada tahun 2017. Seperti yang Anda ketahui, Instagram merupakan aplikasi berbasis berbagi foto dan video yang saat ini menjadi jejaring sosial dengan pengguna terbanyak di dunia.

Selain sebagai tempat menyimpan atau berbagi foto/video, Instagram juga memiliki fitur untuk mengambil foto, video, dan menerapkan filter digital pada hasilnya.

Saat ini Instagram semakin canggih. Jika sebelumnya pengguna hanya memposting foto dan video dengan aspek rasio kaku dan efek yang disediakan Instagram, kini pengguna bisa menerapkan rasio aspek berbeda tergantung kebutuhannya.

Fitur ini merupakan awal mula Instagram yang mulai berkembang seiring berjalannya waktu hingga saat ini.

Awalnya hanya tim kreatif Instagram yang bisa membuat filter ini. Namun, kini siapa pun bisa mengunggah filter karya pribadinya ke Facebook atau Instagram.

Menurut artikel di Wordstream, filter IG atau filter Instagram merupakan fitur platform media sosial Instagram yang memungkinkan penggunanya mengedit foto atau video hanya dengan satu klik.

Filter Instagram ini disebut juga filter Instagram AR (augmented reality).

Perhatikan juga bahwa Instagram tidak membebankan biaya pada akun untuk membuat filter baru. Setiap kali seseorang menggunakan filter Instagram khusus, nama akun pembuatnya muncul di bagian atas.

Nah buat kamu yang ingin tahu cara membuat filter Instagram sendiri, berikut cara mudahnya: Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Spark AR Studio. Pertama, download aplikasi Spark AR Studio buatan Facebook di PC atau laptop Anda. Aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat dengan sistem operasi iOS atau Android terbaru atau lebih tinggi. Untuk mempermudah, pilih salah satu contoh desain yang tersedia. Nantinya akan ada pilihan untuk membuat animasi wajah, mengubah bentuk wajah dan masih banyak lagi. Untuk memilih bentuk wajah, Anda bisa klik Add > Scene Understanding > Face Tracking. Jika sudah selesai mengedit, Anda dapat melihat pratinjau filter dengan mengetuk fungsi pratinjau. Pengguna dapat mulai mengedit filter dan langsung melihat hasil dari filter yang dibuat. Di sisi kiri layar terdapat ikon kamera yang dapat Anda gunakan untuk membuka webcam di komputer Anda guna memeriksa hasil terbaru dari filter yang dipilih. Untuk menyimpan hasil desain filter, klik File > Ekspor. Untuk dapat digunakan di semua ponsel, klik Ekspor dan pilih jenis file “areexport”. Unggah filter tersebut ke Instagram melalui https://www.facebook.com/sparkarhub/, lalu klik dan klik “Unduh Efek”. Langkah selanjutnya adalah memberi nama filter yang Anda buat di bagian “Ikon Efek”. Setelah mendownload filter, kita dapat melihat preview dari filter yang kita buat melalui “Preview app”. Jika Anda berencana untuk berbagi dengan teman, Anda dapat memilih “Dapatkan tautan pratinjau”. Pilih kategori filter berdasarkan topik yang Anda inginkan dan selesaikan “Tinjau Informasi” sebelum menggunakan filter untuk dilihat publik. Jika disetujui maka filter yang Anda buat dapat ditemukan di Instagram dan digunakan oleh seluruh pengguna Instagram.

Perhatikan juga bahwa Instagram tidak membebankan biaya pada akun untuk membuat filter baru. Setiap kali seseorang menggunakan filter Instagram khusus, nama akun pembuatnya muncul di bagian atas.

Nah berikut cara membuat filter Instagram sendiri dengan mudah. Semoga beruntung! Kiki Farrel membela Tamara Tyasmara yang tersenyum lebar saat Tahlila: fotonya di-photoshop untuk mengoreksi semua tuduhan palsu terhadap mantan istri DJ Angger Dimas, Kiki Farrel, sebagai seorang teman, menunjukkan pembelaan Tamara terhadap Tyasmara. Detik Tegal.co.id 12 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan