Portal Berita Tegal
Beranda Sains Apa yang Terjadi saat Sperma Masuk Sel Telur, Ini Jawabannya

Apa yang Terjadi saat Sperma Masuk Sel Telur, Ini Jawabannya

JAKARTA – Momen masuknya sperma ke dalam sel telur merupakan proses kompleks yang penuh dengan perubahan kimia. Dalam hitungan detik hingga menit, membran sel telur dan lapisan luarnya mencegah masuknya sperma lain.

Pada saat yang sama, Sperma dan sel telur secara kimiawi saling mengenali dan membrannya menyatu, Science Alert melaporkan Minggu (11/2/2024). Meskipun proses ini penting, Detail molekulernya masih belum sepenuhnya dipahami.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan para peneliti di ETH Zurich dan Ludwig Maximilian University di Munich, Swiss, mengungkap kompleksitas protein yang diketahui berperan penting dalam proses pembuahan. Protein ini disebut Izumo1.

Peran Izumo1: Izumo1 membantu sperma menempel dan memasuki sel telur. Protein ini diekspresikan di permukaan sperma dan berikatan dengan protein lain di permukaan sel telur.

Struktur Izumo1: Para peneliti menentukan struktur 3D protein Izumo1. Pengetahuan ini dapat membantu dalam pengembangan obat baru untuk infertilitas.

Interaksi Izumo1 dengan protein lain: Para peneliti juga menemukan protein lain yang berinteraksi dengan Izumo1. Interaksi ini penting untuk proses peleburan membran sel sperma dan sel telur.

Kesimpulan:

Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang mekanisme pembuahan secara molekuler. Pemahaman yang lebih baik tentang proses ini dapat membantu pengembangan terapi baru untuk infertilitas dan komplikasi kehamilan lainnya.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan