Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Begini Cara Mendeteksi Udara Sekitar Tercemar atau Tidak

Begini Cara Mendeteksi Udara Sekitar Tercemar atau Tidak

JAKARTA – Udara merupakan campuran gas yang terdapat di dalam dan sekitar permukaan bumi. Makhluk memerlukan udara untuk bernafas. Kualitas udara yang buruk akibat polusi mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup.

Udara yang tercemar mempunyai dampak negatif terhadap kesehatan manusia. Pasalnya, berbagai aktivitas seperti asap kendaraan, pabrik, dan pembakaran sampah menurunkan kadar oksigen di udara yang tercemar.

Makhluk hidup tidak dapat melihat seperti apa udara, namun kita dapat merasakannya melalui hembusan angin. Sifat-sifat udara adalah: Ia mengisi semua ruang, mendorong ke segala arah, berpindah dari tekanan tinggi ke tekanan rendah, dan tidak terlihat, tidak berbau, dan tidak berwarna. Lalu bagaimana kita bisa mendeteksi jika udara di sekitar kita tercemar?

Anda dapat memeriksa apakah udara tercemar menggunakan Indeks Kualitas Udara (AQI). Indeks ini merupakan alat ukur sederhana yang menampilkan angka-angka berisi informasi kualitas udara di wilayah Anda.

Anda dapat memeriksa indeks kualitas udara wilayah Anda melalui website atau aplikasi IQAir Air Visual. Seperti dilansir situs IQAir, kategori numerik yang menentukan apakah udara tercemar adalah:

Skor yang ditampilkan oleh AQI adalah: 0-50: Ketinggian udara sangat baik dan tidak berdampak negatif terhadap organisme hidup. 51-100: Skor ini menunjukkan bahwa udara masih dapat membahayakan kesehatan makhluk hidup. Namun, orang yang sensitif mungkin mengalami beberapa gejala. 101-150: Tingkat udara dengan skor ini dianggap tidak sehat bagi orang yang sensitif. Ada risiko mengalami iritasi dan gangguan pernafasan. 151-200 : Skor ini dapat menurunkan kesehatan organisme, khususnya manusia. Umumnya manusia mengalami fenomena dimana sistem kekebalan tubuhnya melemah. 301+: Tingkat kualitas udara dengan skor ini dianggap berbahaya bagi kesehatan manusia dan memerlukan penanganan segera. Jika Anda melihat angka ini pada Skor Udara Ambien Anda, sebaiknya tetap berada di dalam rumah. Maukah kita mempelajari ciri-ciri udara yang tercemar?

Aktivitas manusia seperti pembuangan kendaraan, pabrik, dan pembakaran hutan merupakan faktor yang berdampak besar terhadap kualitas udara suatu lokasi. Sebab, asapnya mengandung zat berbahaya.

Mengutip Badan Lingkungan Hidup Semarancy, Selasa 1 Agustus 2023, ciri-ciri udara tercemar adalah: Warnanya abu-abu karena mengandung CO2 tingkat tinggi, polutan berbahaya. Udara tercemar. Udara yang tercemar dapat menyebabkan iritasi mata. Ternyata memasang AC di rumah tak hanya membuat Anda tetap sejuk, tapi juga punya lima manfaat bagi kesehatan. Kualitas udara yang kita hirup sangat penting bagi kesehatan kita. Sistem filtrasi AC dapat menghilangkan kontaminan. Detik Tegal.co.id 12 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan