Portal Berita Tegal
Beranda Bisnis BUMN Muda: Jangan Remehkan Capaian Perusahaan Pelat Merah dengan Isu Diganti Koperasi

BUMN Muda: Jangan Remehkan Capaian Perusahaan Pelat Merah dengan Isu Diganti Koperasi

JAKARTA – Ketua Umum BUMN Muda Soleh Uddin Al Ayubi yang juga menjabat Wakil Direktur Utama Holding BUMN Farmasi Bio Pharma Group menilai BUMN sudah berubah ke arah yang lebih baik. Kini, BUMN bisa menarik generasi milenial maju ke luar negeri karena kondisinya semakin menjanjikan.

Kata Soleh di Jakarta, Selasa (6/6/2024) “Jangan anggap enteng meniadakan prestasi BUMN dengan berbagai isu yang tidak berdasar seperti menggantinya dengan koperasi.”

Menurut Soleh, dirinya menyaksikan betapa pentingnya peran BUMN saat Indonesia dan dunia terdampak pandemi Covid-19. Saat itu, keputusan Menteri BUMN Eric Tohir menimbulkan dampak terburuk dari wabah di Indonesia yang dilakukan BUMN.

Pertengahan tahun 2020 – 2022, BUMN farmasi bergerak cepat membeli obat, vaksin, dan alat tes Covid-19 di luar negeri. Kerjasama dengan Garuda Indonesia Airlines termasuk evakuasi WNI dari Wuhan, China.

Pekerjaan BUMN dan farmasi bergerak sangat cepat untuk membangun rumah sakit Covid-19. Tentu saja, hal ini memerlukan peralatan medis, yang meski terbatas waktunya, namun dapat didatangkan dengan cepat.

Bagi Soleh, semua kondisi tersebut menjadi indikator bahwa BUMN harus kuat. BUMN yang kuat berarti harus untung. Sebab dengan keuntungan tersebut, BUMN bisa memberikan kontribusi lebih besar kepada kas negara dengan membagikan dividen yang besar.

“Pendapatan tersebut belum memperhitungkan dampak ekonomi BUMN lainnya yang lebih luas. Mulai dari memperbanyak lapangan kerja, memperkuat usaha kecil dan menengah, hingga mengharumkan nama Indonesia di luar negeri,” ujarnya.

Ada satu alasan Soleh bersedia bergabung dengan BUMN setelah karier gemilangnya di Amerika Serikat selama hampir satu dekade. Soleh mengatakan, BUMN saat ini memberikan peran lebih besar kepada generasi muda seperti dirinya untuk berkontribusi pada posisi-posisi penting.

“Seperti yang disampaikan oleh Bapak Eric Thohir, generasi muda bukanlah ancaman, melainkan beban, melainkan inspirasi, tenaga dan penggerak kemajuan dan transformasi BUMN, khususnya di era digital dan tuntutan persaingan. Dari bisnis. dunia,” kata Soleh.

BUMN Muda yang saat ini dipimpin oleh Soleh didirikan pada 7 April 2021. Inilah Forum Pemuda BUMN yang dipimpin Menteri BUMN Eric Thohir. Merupakan wadah bagi generasi muda yang bekerja di BUMN untuk dilatih menjadi pemimpin masa depan.

“BUMN Muda ini merupakan inovasi dari Pak Eric Thohir. Hal ini bertujuan untuk menciptakan rasa percaya diri, kompetensi, keselarasan, integritas, kemampuan beradaptasi, kolaborasi (AKHLAK) di kalangan pegawai BUMN, khususnya generasi milenial dan generasi Z yang merupakan pemimpin di BUMN. – kata Soleh.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan