Portal Berita Tegal
Beranda Otomotif Cara Aman Mengisi Baterai Ponsel di Sepeda Motor, Pastikan Tidak Overcharge

Cara Aman Mengisi Baterai Ponsel di Sepeda Motor, Pastikan Tidak Overcharge

Detik Tegal – Ponsel dan sepeda motor menjadi salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Mulai dari pendidikan, pekerjaan hingga kegiatan sosial. Tak heran jika keberadaan stopkontak atau sumber listrik menjadi penting untuk mengisi daya baterai ponsel agar tetap bisa digunakan.

Menyadari kebutuhan tersebut, produsen sepeda motor telah memperkenalkan motor listrik pada beberapa model sepeda motor untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

Ada pula yang berbentuk soket dan merupakan bagian aksesoris. Umumnya dikenal sebagai konektor rokok elektronik dan saat ini mirip dengan konektor USB. Terutama starter jenis baru. Model Honda PCX Hybrid yang serba baru. Di bawah kotak konsol Anda akan menemukan stopkontak jenis soket USB  [AHM]

Meski pengisian baterai kini semakin mudah, pengendara tetap perlu memperhatikan cara menggunakannya agar sepeda motor dan ponselnya tetap menyala.

Berikut cara aman mengisi baterai ponsel di sepeda motor yang diambil dari laman Astra Honda Motor: Gunakan kabel charger asli pabrikan ponsel atau charger SNI dengan jenis dan rating yang sama. Bagi sepeda motor yang masih menggunakan aksesoris jenis socker, pastikan menggunakan adaptor yang berkualitas baik dan memenuhi standar SNI. Kabel dan adaptor berkualitas buruk dapat mengurangi masa pakai baterai ponsel dan terdapat risiko kabel dan adaptor meleleh saat digunakan. Pastikan mesin dalam keadaan hidup saat mengisi baterai ponsel agar baterai sepeda motor tidak cepat habis. Pastikan perangkat terhubung dengan baik untuk melindungi proses pengisian baterai jika sepeda motor terkena guncangan atau getaran. Pastikan soket dalam keadaan kering dan tidak kotor akibat pemakaian.Pastikan kabel charger tidak terjepit atau terpelintir dan pasang kabel sesuai keluarannya. Hal ini untuk menghindari risiko rusaknya kabel charger yang dapat mempengaruhi proses pengisian baterai. Tutup stopkontak bila tidak digunakan untuk mencegah air dan kotoran masuk ke stopkontak. Matikan ponsel Anda saat parkir dan keluar dari sepeda motor untuk mencegah semua hal tersebut terjadi. tidak diinginkan. Bagi yang berkendara jarak jauh, jangan mengisi atau mengisi baterai tanpa melebihi tegangan pengisian normal. Cabut ponsel dengan kabel dan/atau adaptor ketika baterai sudah penuh. Hal ini untuk mencegah terjadinya overheating pada ponsel dan sepeda motor.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan