Portal Berita Tegal
Beranda Teknologi Cara Scan Dokumen Menggunakan Google Drive, Mudah dan Cepat

Cara Scan Dokumen Menggunakan Google Drive, Mudah dan Cepat

JAKARTA – Pemindaian dokumen menjadi ritual favorit mahasiswa dan pegawai. Sayangnya, tidak semua orang memiliki aplikasi pemindaian.

Namun jangan khawatir, aplikasi bawaan Google Drive bisa digunakan untuk memindai dokumen. Selain itu, ia juga memiliki opsi untuk mencadangkan dokumen ke cloud.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dokumen yang dipindai di berbagai perangkat. Selain itu, semua alat pengeditan yang dapat memperjelas dokumen juga tersedia.

Lalu bagaimana cara scan dokumen menggunakan Google Drive? Demikian prosedurnya seperti dilansir Toms Guide, Kamis (25 Januari 2024).

1. Buka aplikasi Google Drive

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Google Drive. Aplikasi ini biasanya terinstal secara otomatis saat pertama kali Anda menghidupkan smartphone Android Anda.

2. Klik ikon kamera

Saat membuka Google Drive, klik ikon kamera di sebelah kanan ikon tanda plus.

3. Tempatkan kamera pada dokumen yang akan dipindai

Selanjutnya, letakkan dokumen dengan bingkai kamera di layar. Pastikan semua yang ada di bingkai dan teks pada halaman jelas dan cerah sehingga isi dokumen dapat dibaca.

4. Jalankan pemindaian

Anda dapat melakukan pemindaian menggunakan fitur pengambilan otomatis atau tombol kamera.Gambar juga. Tunggu beberapa detik dan biarkan Google Drive mengambil dokumen itu sendiri. Jika hasilnya kurang memuaskan, scan kembali.

5. Perbaiki jika perlu

Setelah dipindai, Google Drive memungkinkan Anda mengedit dokumen sebelum mengunggahnya ke cloud. Ini termasuk mengubah potongan, membersihkan area gambar, dan menambahkan filter.

6. Klik Selesai

Jika hasil pemindaian diinginkan, klik tombol selesai yang terdapat di pojok kanan atas Nantinya Google Drive akan mengunggah dokumen yang dipindai ke penyimpanan cloud dan dokumen siap digunakan.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan