Portal Berita Tegal
Beranda Otomotif Cetak Sejarah, Mobil Listrik Tesla Jadi Kendaraan Terlaris di Dunia

Cetak Sejarah, Mobil Listrik Tesla Jadi Kendaraan Terlaris di Dunia

JAKARTA – Mobil listrik Tesla Model Y mampu mencetak sejarah sebagai kendaraan terlaris di dunia pada tahun 2023. Sebelumnya mobil Toyota selalu mendominasi.

Misalnya saja pada tahun 2022, pabrikan mobil asal Jepang ini berhasil menempatkan Toyota Corolla dan Toyota RAV4 di peringkat pertama dan kedua mobil terlaris dunia. “Pencapaian Tesla Model Y dalam waktu singkat sungguh luar biasa,” kata Analis Global JATO Dynamics Felipe Muñoz seperti dikutip dari situs resmi JATO, Senin (29 Januari 2024).

Berdasarkan catatan JATO Dynamics, kendaraan listrik Tesla Model Y terjual 1,23 juta unit pada tahun 2023. Performanya jauh melebihi penjualan mobil lainnya. Di bawah Tesla Model Y ada Toyota RAV4 yang terjual 1,07 juta unit. Sedangkan di posisi ketiga ada Toyota Corolla yang terjual 1,01 juta unit.

Felipe Muñoz mengatakan peningkatan penjualan Tesla Model Y merupakan hal yang tidak biasa. Menurut catatan mereka, dibandingkan tahun 2022, penjualan Tesla Model Y justru meningkat sebesar 64%.

Felipe Muñoz menganalisis lebih lanjut bahwa penjualan Tesla Model Y sangat tinggi karena strategi yang diterapkan Tesla. Pertama, Tesla telah menurunkan harga Tesla Model Y secara signifikan.

Diskon ini membuat Tesla Model Y jauh lebih murah dibandingkan mobil listrik lain di Eropa dan Amerika Serikat. Maka tak heran jika Tesla Model Y menjadi mobil terlaris di benua biru pada tahun 2023. Hal ini juga meningkat secara signifikan di Tiongkok. Penjualan Tesla Model Y di China dikabarkan mencapai 456.000 unit. Itu angka yang mengesankan untuk mobil listrik yang tidak memiliki paspor Tiongkok.

Apalagi, menurut Felipe Muñoz, penurunan harga tersebut tidak berdampak negatif bagi Tesla. Memang reputasi Tesla berhasil memastikan strategi pemotongan harga tidak merusak kepercayaan masyarakat. “Saat ini, gambaran yang ada di benak masyarakat tentang mobil listrik adalah Tesla,” kata Felipe Muñoz.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan