Portal Berita Tegal
Beranda Otomotif Chery Pakai Baterai LFP untuk Omoda E5, Ini Kelebihannya

Chery Pakai Baterai LFP untuk Omoda E5, Ini Kelebihannya

JAKARTA – Produsen mobil listrik semakin banyak menggunakan baterai lithium ferrophosphate (LFP). Hal ini tidak terlepas dari sederet manfaatnya. Keunggulan baterai LFP antara lain biaya produksi lebih murah, lebih ramah lingkungan dan tidak mudah terbakar.

Berdasarkan hal tersebut, PT Chery Sales Indonesia (CSI) memutuskan untuk menggunakan baterai LFP pada mobil listrik Omoda E5. “Baterai LFP memiliki bahan katoda yang terbuat dari besi fosfat sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Baterai ini juga lebih aman karena tahan terhadap panas dan tidak mudah meledak,” ujar Rifkie Setiawan, Head of Brand Division. PT Chery Sales Indonesia dalam keterangan resminya.

Chery mengatakan baterai LFP yang digunakan pada Omoda E5 juga aman melewati air banjir hingga kedalaman 45cm. Selain itu, terdapat juga pelat baja pelindung yang mampu melindungi baterai dari benturan keras.

Kapasitas baterai Chery OMODA E5 LFP adalah 61 kWh. Dalam kondisi baterai terisi penuh mampu menempuh jarak hingga 430 km berdasarkan pengujian metode WLTP dan 505 km menggunakan metode NEDC.

Kendaraan listrik ini juga dilengkapi dengan fitur fast charging yang mampu mengisi baterai dari 30 persen hingga 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit. Hal ini membuat pengguna lebih nyaman menggunakan mobil listrik dalam perjalanan jauh.

Baterai LFP juga memiliki keunggulan lain seperti pelepasan panas yang lambat, produksi panas yang rendah, suhu awal yang tinggi untuk reaksi eksotermik, dan kemampuan untuk tidak melepaskan oksigen ketika rusak.

Chery Omoda E5 akan resmi diluncurkan pada 5 Februari 2024, menjadikan Indonesia negara pertama yang meluncurkan mobil listrik ini. Kendaraan ramah lingkungan ini dirancang khusus untuk kondisi Indonesia dan dirakit di Bekasi, Jawa Barat.

Omoda E5 juga menawarkan performa tinggi dengan motor 150 kW dan kapasitas baterai 61,06 kWh.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan