Portal Berita Tegal
Beranda Teknologi China Ciptakan Tong Tong, Bocah AI Pertama di Dunia

China Ciptakan Tong Tong, Bocah AI Pertama di Dunia

JAKARTA – Ilmuwan Tiongkok telah menciptakan prototipe kecerdasan buatan pertama di dunia. Robot yang diberi nama Tong Tong ini konon memiliki perilaku dan kekuatan emosional seperti anak berusia tiga hingga empat tahun.

Melansir Metro, Jumat (9/2/2024), prototipe AI tersebut dikembangkan oleh Beijing General Institute of Artificial Intelligence (BIGAI).

Meskipun Tong Ton berperilaku seperti anak kecil, dia memiliki ingatan yang luar biasa. BIGAI percaya bahwa dengan kerja sama yang terus menerus dari masyarakat, Ton Ton dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.

Ia juga memiliki kemampuan untuk menafsirkan emosi manusia, termasuk kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengkomunikasikan emosi seperti kebahagiaan, kemarahan, dan kesedihan, serta kemampuan untuk bereaksi secara tepat terhadap keadaan emosi orang lain.

Ton Tong dipresentasikan di Artificial Intelligence Technology Frontier di Beijing bulan lalu. Pengunjung dapat berinteraksi dengan Tong Tong dan merasakan kehebatannya sebagai manusia AI pertama di dunia.

“Tong Tong cerdas dan mencoba memahami kesadaran kolektif yang diajarkan manusia. Dia dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, mengekspresikan perasaannya dalam situasi yang berbeda dan memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan,” kata para ilmuwan.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan