Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Dampak dan Batasan Konsumsi Kopi pada Anak, Ini yang Perlu Diketahui Orang Tua

Dampak dan Batasan Konsumsi Kopi pada Anak, Ini yang Perlu Diketahui Orang Tua

Detik Tegal, Jakarta – Semakin banyaknya kafe yang menyajikan susu di mana-mana membuat banyak orang tua khawatir akan dampaknya terhadap anak mereka. Timbul pertanyaan, bolehkah anak minum kopi, dan pada usia berapa? Pertanyaan lain yang muncul adalah apakah kopi berdampak negatif pada anak.

Kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah penyakit jantung dan kematian dini. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa kopi mengandung antioksidan, seperti polifenol, yang berpengaruh pada tubuh. Namun yang menjadi permasalahan adalah kopi dapat mengganggu tidur anak.

Menurut profesor nutrisi Universitas Buffalo, Jennifer Temple, kopi tidak berbahaya bagi anak. Namun, menurut Time, minum kopi di sore atau malam hari bisa mengganggu tidur.

Ia menjelaskan, anak membutuhkan tidur yang cukup untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, anak-anak tidak membutuhkan kafein dalam kopi.

Profesor fisiologi dan ilmu saraf di Universitas Colorado, Ryan Bachtell, menambahkan kafein dapat mengganggu sistem saraf dan otak. Dalam penelitiannya pada tikus, Bachtell menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi kafein dalam jumlah tinggi saat dewasa, lebih mungkin mengalami gangguan kecemasan saat dewasa.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar anak usia 12-18 tahun tidak mengonsumsi kafein lebih dari 100 mg per hari atau setara dengan satu kantong kopi instan.

Namun jika orang tua ingin membiarkan anaknya minum kopi, disarankan untuk tidak memberikan kopi dengan tambahan gula, susu atau zat lain yang dapat mempengaruhi kesehatan anak, seperti diabetes, obesitas terlalu banyak atau gangguan tumbuh kembang.

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi orang dalam berbagai jenis penyajian. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya kopi apa saja yang baik untuk tubuh? Anda perlu mempertimbangkan rasanya saat memilih jenis kopi yang akan diminum.

Di antara lima jenis kopi yang banyak digunakan orang, pertimbangkan mana yang baik untuk kesehatan kita. Berikut daftar kafe tersebut menurut laman Daily Mail pada Kamis, 8 Februari 2024.

Espresso mengandung sekitar 80 hingga 100 mg kafein, lebih tinggi dibandingkan jenis kopi lainnya. Espresso cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan karena rendah kalori. Namun, sebaiknya periksa jumlah kolesterol LDL di dalamnya.

Espresso memiliki kolesterol sedang yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Selain itu, espresso tidak memiliki cukup protein yang dibutuhkan tubuh. Espresso mendapat nilai 3 dari 5.

Cappuccino dibuat dari campuran espresso dengan susu kukus dan susu. Kalori dalam cappuccino berkisar antara 95 hingga 140 kalori, tergantung jenis susu yang digunakan. Meski tidak dianjurkan saat makan, cappuccino merupakan sumber protein dan kalsium yang baik dalam susu. Collins memberi cappucino nilai 4 dari 5.

Latte menggunakan lebih banyak susu daripada espresso. Satu latte mengandung sepuluh gram protein susu dan lima gram lemak. Kalori latte berkisar antara 135 hingga 225 kalori, tergantung jenis susu yang digunakan. Latte yang menggunakan susu murni merupakan pilihan yang baik untuk asupan protein. Peringkat latte adalah 4 dari 5.

Mocha dibuat dengan mencampurkan espresso dengan susu kukus, sirup coklat, dan krim kocok. Kopi ini memiliki kandungan lemak lebih banyak dibandingkan jenis kopi lainnya, yaitu mencapai 310 kalori dan sepuluh gram lemak jika menggunakan susu asam.

Mocha memiliki jumlah lemak yang sama dengan coklat. Collins menilai kopi moka 1 dari 5.

Macchiato disajikan dengan lebih sedikit susu kukus dibandingkan cappuccino dan latte. Rata-rata, satu macchiato mengandung 80 mg kafein, 90 kalori, dan tiga gram protein. Meski kandungan kafeinnya tinggi, macchiato tidak menjanjikan nutrisi tambahan apa pun. Rating untuk versi macchiato adalah tiga dari lima.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan