Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Diterima 21 Kampus LN, Maulana Siswa SMAN 3 Semarang Pilih UC Berkeley AS

Diterima 21 Kampus LN, Maulana Siswa SMAN 3 Semarang Pilih UC Berkeley AS

Semarang – Wakil Kepala Jurusan Komunikasi dan Kerja Sama SMAN 03 Semarang Arif Setyayoga – mengatakan Maulana Fatahillah Ajima, siswi yang diterima di 21 perguruan tinggi luar negeri, memutuskan melanjutkan studi ke Amerika.

Maulana memilih University of California (UC) Berkeley, Amerika Serikat (AS), terutama di bidang teknik sipil, kata Arif kepada wartawan di Semarang, Sabtu, 8 Juli 2023.

Diketahui, Maulana diterima di 21 universitas di 8 negara yakni Spanyol, Belanda, Kanada, Inggris, Australia, Amerika, Bulgaria, dan Singapura.

Kesuksesan Maulana, menurut Arief, tak lepas dari apa yang ditunjukkannya selama masih bersekolah di SMAN 3 Semarang. Menurutnya, Maulana adalah murid yang rajin di kelas.

Antusiasme Maulana dalam mengajar di kelas membuat para guru memandangnya sebagai murid yang cerdas, apalagi ia tertarik pada bidang studi atau penelitian untuk dijadikan karir akademis.

Arif menuturkan, selama bersekolah di SMAN 3 Kota Semarang, Maulana kerap mengikuti lomba sains dan meraih sejumlah penghargaan.

“Maulana berhasil meraih medali emas pada lomba sains Olimpiade Geografi Nasional,” kata Arif.

Arief melanjutkan, prestasi Maulana kemudian dilimpahkan ke Pusat Prestasi Nasional atau Puspresnas hingga mahasiswa yang baru lulus Mei 2023 itu mendapat beasiswa Indonesia Maju (BIM).

“Kami mengadopsi apa yang dilakukan Maulana bersama Puspresnas dan kemudian mengikuti kajian Indonesia Maju di Bali,” ujarnya.

Arif berharap Maulana bisa mengikuti jejak Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang juga alumni SMAN 3 Kota Semarang. Amerika curiga mobil China digunakan untuk spionase Pemerintah AS sedang mempertimbangkan langkah baru untuk menghentikan impor mobil buatan China, masalah privasi adalah satu hal, tapi Detik Tegal.co.id 10 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan