Portal Berita Tegal
Beranda Sains Elon Musk: Chip Otak Neuralink Telah Ditanamkan pada Manusia 

Elon Musk: Chip Otak Neuralink Telah Ditanamkan pada Manusia 

Detik Tegal, JAKARTA — Elon Musk, salah satu pendiri Neuralink, mengatakan pasien manusia pertama menerima implan otak Neuralink. Proses ini tampaknya berhasil. Dilansir Engadget, Selasa (30/1/2024), Musk mengatakan pasiennya “baik-baik saja” sehari setelah operasi.

Neurilink, yang bertujuan untuk mengembangkan antarmuka komputer otak (BCI), mulai merekrut pasien manusia untuk uji klinis pertamanya pada musim gugur lalu setelah menerima lampu hijau dari FDA. Pada saat itu, Neuralink mengatakan orang-orang dengan quadriplegia akibat cedera tulang belakang leher atau amyotrophic lateral sclerosis (ALS) “mungkin memenuhi syarat untuk penelitian ini.

“Tujuan awal dari BCI kami adalah untuk memungkinkan orang mengendalikan kursor komputer atau keyboard hanya dengan menggunakan imajinasi mereka,” tulis perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Manusia pertama menerima transplantasi dari @neurallink kemarin dan terus pulih. Hasil awal menunjukkan ditemukannya proliferasi neuron, tulis Elon Musk di X melalui akun @elonmusk.

Musk tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang proses atau kondisinya. “Hasil awal menunjukkan penemuan lonjakan saraf yang menjanjikan,” katanya.

Memasang perangkat pada pasien manusia akan menjadi langkah besar bagi perusahaan, yang diklaim Musk suatu hari nanti akan memungkinkan orang mengalami realitas alternatif. Perusahaan tersebut juga menghadapi penyelidikan federal karena melanggar undang-undang kesejahteraan hewan.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan