Portal Berita Tegal
Beranda Otomotif Elon Musk Ketar-ketir dengan China

Elon Musk Ketar-ketir dengan China

NEVADA, 26 Januari 2024 — CEO Tesla Elon Musk telah memperingatkan bahwa kecuali negara lain mengadopsi aturan perdagangan baru, pembuat mobil listrik dari Tiongkok dapat menghadapi persaingan global yang sehat di bidang mobil.

Elon segera mengatakan kepada para analis bahwa jika hambatan perdagangan tidak diberlakukan, produsen mobil Tiongkok akan melampaui banyak produsen mobil lain di seluruh dunia.

Mengutip laman Carscoops Detik Tegal Motors, peringatan Musk muncul tepat setelah BYD menyalip Tesla menjadi perusahaan mobil listrik terlaris di dunia pada kuartal keempat tahun 2023.

Meskipun Tesla memangkas harga sepanjang tahun dan mempertahankan volume dengan mengorbankan keuntungan, hal ini tidak dapat menandingi popularitas BYD.

Tiongkok juga melampaui Jepang sebagai eksportir mobil terbesar di dunia pada tahun 2023, suatu prestasi yang tampaknya akan terulang pada tahun ini seiring dengan mulai memperluas penjualan di Eropa.

Elon bukan satu-satunya pemimpin perusahaan otomotif Barat yang khawatir dengan ancaman Tiongkok, tapi setidaknya dia punya beberapa rencana.

Awal pekan ini, Tesla dikabarkan akan memulai produksi crossover baru bernama Redwood pada tahun 2025. Model entry-level ini menggunakan platform baru yang menurunkan biaya produksi mobil listrik Tesla hingga kurang dari $30.000, atau setara dengan 470 juta rupiah di Indonesia.

Mobil pertama akan diproduksi di pabrik Tesla di Texas pada paruh kedua tahun 2025, tetapi produksi kemungkinan akan diperluas ke pabrik perusahaan di luar Amerika Serikat pada tahun berikutnya.

Peringatan Elon merupakan pengakuan langka dari pemimpin bisnis Barat bahwa Tiongkok telah menjadi kekuatan dominan dalam industri mobil listrik.

Tiongkok telah berinvestasi besar-besaran dalam teknologi kendaraan listrik selama beberapa tahun terakhir, dan produsen mobil dari negara yang kaya akan bambu ini telah mengembangkan produk yang kompetitif dengan harga lebih rendah. Mantan Menteri Perdagangan Lutfi bercerita tentang hilirisasi Indonesia, China dan Eropa Mantan Menteri Perdagangan Mohamed Lutfi bercerita tentang keberhasilan pembangunan hilirisasi pemerintah Indonesia yang membuat negara-negara maju resah. Detik Tegal.co.id 1 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan