Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Gejala Covid Subvarian XBB, Termasuk Batuk Terus Menerus, Sakit Kepala, sampai Nyeri Dada

Gejala Covid Subvarian XBB, Termasuk Batuk Terus Menerus, Sakit Kepala, sampai Nyeri Dada

Detik Tegal – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan Covid-19 varian Omicron XBB telah terdeteksi di Indonesia. Ia kemudian meminta semua pihak bahu-membahu meningkatkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan Protokol Kesehatan (PROC) untuk menekan angka kasus Covid-19 pada subvarian XBB.

“Saat ini kasus di Singapura naik lagi menjadi 6.000 karena ada kasus varian baru XBB. Varian ini sudah sampai ke Indonesia dan terus kita pantau,” kata Budi Gunadi, Jumat (21/10/2022). Meski belum ada bukti subvarian ini menyebabkan penyakit yang lebih parah, yuk simak gejala subvarian XBB Covid berikut ini.

Pasien di Singapura memiliki gejala yang lebih ringan

Negara terdekat dengan Indonesia seperti Singapura mengalami peningkatan kasus Covid-19 akibat subvarian XBB. Kebanyakan pasien di Singapura melaporkan gejala infeksi XBB ringan, seperti sakit tenggorokan atau demam ringan, terutama jika mereka sudah divaksinasi. Bentuk XBB ini lebih berisiko bagi mereka yang belum melakukan vaksinasi.

Pernyataan serupa disampaikan Dr Ankita Vaidya, konsultan penyakit menular di Rumah Sakit Manipal HCMCT India, yang mengatakan sebagian besar pasien COVID-19 varian XBB memiliki gejala ringan.

Namun, gejala dapat memburuk pada pasien dengan gangguan sistem imun dan pasien dengan penyakit penyerta, dan bahkan pada orang lanjut usia.

“Pada bentuk XBB ini, sebagian besar kasusnya ringan dengan gejala saluran pernapasan atas seperti sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat. Beberapa orang juga mengalami banyak mialgia (nyeri otot) atau keluhan perut,” jelas Dr Vaidya. Waktu India.

Tingkat keparahan subvarian XBB ini tidak terlalu parah, namun bisa menjadi lebih buruk pada pasien, terutama penderita diabetes, lansia, penderita infeksi parah, dan mereka yang kemungkinan besar dirawat di rumah sakit.

Gejala Sub Varian XBB Covid-19

Subvarian XBB, Omicron, disebut-sebut sangat menular karena memicu jumlah kasus yang relatif cepat. Gejala varian XBB tercantum di bawah ini. Batuk terus-menerus Sakit kepala Nyeri dada Perubahan indra penciuman Kehilangan pendengaran

Kasus XBB di Singapura

Varian XBB atau BA.2.10 telah teridentifikasi di beberapa negara, kata Alexander K Ginting, kepala subsektor layanan kesehatan darurat gugus tugas Covid-19. Di antaranya Singapura, Australia, Bangladesh, India, Jepang, Denmark, dan Amerika mulai Agustus 2022. Lebih dari 5.000 kasus varian XBB bahkan telah dilaporkan di Singapura.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan