Portal Berita Tegal
Beranda Lifestyle Gelar SPKK dan SPDV Kini Diganti SPDVE, Perdoski: Kompetensinya Sama 

Gelar SPKK dan SPDV Kini Diganti SPDVE, Perdoski: Kompetensinya Sama 

Detik Tegal Lifestyle – Sebutan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK) atau Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.DV) sudah lumrah di telinga masyarakat. Namun sepertinya judulnya kini telah berubah. Apa yang telah dilakukan?

Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Presiden Prof. Dr. Dr. M. Yulianto Listawan, Sp. Terungkap adanya perubahan nomenklatur D.V.E., Subsp O.B.K FINSDV, FAADV, Sp.KK/Sp.DV menjadi Sp.DVE atau Dokter Spesialis Kulit, Kelamin dan Estetika. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Menurut Yulianto, edukasi berkelanjutan terkait pergantian gelar merupakan hal yang penting.

“Sangat penting untuk terus memberikan informasi kepada masyarakat tentang perubahan-perubahan ini untuk memastikan kemudahan dalam mencari pengobatan dan konsultasi serta menghindari keraguan dan kekhawatiran mengenai kecukupan Sp.DVE,” ujarnya dalam Konferensi Pers. Hari Jadi PERDOSKİ ke-58. Hal itu hampir terjadi baru-baru ini.

Terminologi baru untuk peringkat SP. EDC berlokasi di:

1. Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) No. Undang-Undang Nomor 99 Tahun 2021 tentang Standar Pelatihan Profesi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

2. Salinan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nomor 163/E/KPT/2022 tentang Nama Program Pendidikan pada Jenis Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi.

3. Surat Pemberitahuan Perihal Pemberitahuan Perubahan Nomenklatur dan Judul Sekolah Tinggi Ilmu Kulit dan Kelamin Indonesia (KDVI) No: 1322-1/Kolegium-DV/VIII/2022.

Ruang lingkup dokter SpDVE adalah menangani berbagai kelainan kulit, peradangan, infeksi, tumor dan operasi kulit, alergi dan infeksi menular seksual. Kami juga menangani berbagai prosedur kosmetik medis seperti laser, suntik botox, microneedling, peeling, filler, pengencangan benang, bedah kulit dan berbagai prosedur di bidang estetika lainnya. Cakupan Sp.DVE secara lengkap mencakup seluruh rentang usia, mulai dari bayi hingga lansia.

Seniman halus Artika Sari Devi yang hadir di ruang diskusi yang sama mengaku awalnya menanyakan judul Sp.DVE yang kemudian banyak digunakan oleh para dokter.

“Apa bedanya dengan Sp.KK? Lalu apa yang ditangani Sp.DVE? Ada kekhawatiran apakah benar atau salah, apakah saya dirawat oleh dokter yang tepat,” ujarnya.

Namun Puteri Indonesia 2004 mengaku setelah menyadari memang ada pergantian gelar, ia tenang dan tak khawatir lagi.

“Informasi pergantian gelar ini sangat penting untuk mengedukasi diri sendiri dan keluarga agar tidak terjadi kebingungan dan kesalahpahaman. Penting juga untuk memahami kompetensi Sp.DVE agar dapat mengambil pilihan yang tepat berdasarkan kebutuhan kesehatan kita,” ujarnya. .

Ketua Panitia HUT Perdoski ke-58 sekaligus Kepala Bidang Sosial dan Kerjasama, Dr. Andreas Widiansyah, Sp. D.V.E., FINSDV, FAADV menyampaikan bahwa perayaan HUT ini membawa sejumlah tanggung jawab bagi seluruh anggota Perdoski, sekaligus menjadi momen untuk tetap berkomitmen mengedukasi berbagai lapisan masyarakat untuk belajar tentang perubahan Sp.KK/Sp.DV. . Judul SP.DVE.

“Mulai akhir tahun 2023, judul Sp.KK/Sp.DV diubah menjadi Sp.DVE. Masyarakat tidak perlu khawatir karena keahlian Sp.KK/Sp.DV sama dengan Sp. Dokter DVE “Semua dermatologis ini valid sesuai bidang studinya” jelasnya.

Dokter Sp.DVE didukung oleh organisasi bernama Perdoski. Saat ini Perdoski mengelola 29 Cabang Perdoski yang tersebar dari Aceh hingga Jayapura, serta 13 Pokja. Anggota Perdoski berjumlah lebih dari 2900 orang, terdiri dari kurang lebih 2400 dokter Sp. EDC dan 500 anggota muda Perdoski saat ini sedang menerima pelatihan EDC. Berita Terkini Tentang Dante yang berperan penting dalam tiga kemenangan Bayern Munich Dante adalah nama utama yang membawa Bayern Munich meraih tiga kemenangan di musim 2012/13. Demikian kabar terkini pemilik nama lengkap Dante Bonfim Costa Santos Detik Tegal.co.id 12 Februari 2024.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan