Portal Berita Tegal
Beranda Olahraga Grand Final APRC Danau Toba 2023 Hadirkan Keseruan Olahraga dan Hiburan

Grand Final APRC Danau Toba 2023 Hadirkan Keseruan Olahraga dan Hiburan

Toba – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meluncurkan Grand Final Asia Pacific Rally Championship (APRC) Danau Toba 2023. Ajang yang memadukan olahraga dan hiburan ini diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata Sumut.

Grand Final APRC Danau Toba 2023 akan digelar di Kabupaten Toba. Pelari dari beberapa negara ikut serta, antara lain Thailand, Selandia Baru, Portugal, dan India.

“Acara ini tidak hanya sekedar kejuaraan, tapi juga semangat dan kerja sama dalam rangka wisata olahraga dan hiburan olahraga,” kata Hassanudin, usai peluncuran pelari APRC Danau Toba 2023 di Kaldera Nómada, Kabupaten Toba, pada Jumat 24 November 2023. .

Ini merupakan acara APRC yang kedua di Danau Toba, tahun lalu terjadi peningkatan okupansi akomodasi sekitar 80%. APRC diperkirakan akan memberikan dampak ekonomi yang lebih besar terhadap masyarakat selama periode ini.

Artinya, acara ini harus terus diadakan agar memberikan dampak yang lebih besar, kata Hassanudin usai acara pembukaan yang dihadiri Tahap I dan Super SS.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan fasilitas ajang ini akan lebih baik pada tahun ini. Dengan cara ini, akan menarik lebih banyak wisatawan dan memungkinkan diadakannya acara yang lebih besar.

“Tahun depan fasilitasnya lebih baik, jalannya, dibangun hotel, mudah-mudahan tahun depan bisa jadi venue WRC (World Rally Championship),” kata Bambang Soesatyo yang juga Ketua MPR RI.

Menurut informasi ketua panitia Harun Mustafa, APRC Danau Toba 2023 akan diikuti oleh pelari utama Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Dari Indonesia ada Sean Galael, Rifat Sungkar, Rian Nirwan, Subhan Aksa dan mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

“Awalnya kuota hanya 60 peserta, tapi teman-teman dari Jakarta membawa perlengkapan sehingga jumlahnya 67,” kata Harun Mustafa.

Grand Final APRC Danau Toba 2023 akan berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 24 hingga 26 November. Selain APRC, pada kesempatan ini juga digelar Kejuaraan Reli Nasional IMI putaran ke-4 yang menghadirkan para pembalap nasional. Omsetnya Lebih Rp 1 Miliar, F1 Powerboat Kembali Digelar di Danau Toba. Menko Luhut pun menilai penyelenggaraan F1H2O 2024 bisa memicu gelombang kunjungan wisatawan ke Danau Toba seperti pada tahun ini. Detik Tegal.co.id 7 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan