Portal Berita Tegal
Beranda Teknologi Hadirkan Pelatihan Coding Terbanyak se-Indonesia, Optima Tech Academy Pecahkan Rekor Muri

Hadirkan Pelatihan Coding Terbanyak se-Indonesia, Optima Tech Academy Pecahkan Rekor Muri

JAKARTA – Kemajuan teknologi komputer memberikan dampak positif dan peluang besar bagi upaya berbagai ilmuwan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Salah satu caranya adalah dengan mengenalkan dan mengajarkan coding kepada anak-anak dan remaja.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah mewajibkan mata pelajaran ilmu komputer di sekolah agar siswa Indonesia dapat bersaing secara global, dengan kemampuan berpikir komputasi, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pemikiran terstruktur dan logis melalui konsep algoritmik sederhana.

Untuk itu, Optima Tech Academy, sebuah lembaga pendidikan IT yang telah berpengalaman 24 tahun di Indonesia sejak tahun 1990, mengadakan workshop Hour of Code pada tanggal 4 hingga 15 Desember 2023 di banyak sekolah ternama seperti SD Tarakanita 4 dan SD Shattered Islamic School Global Depok , SMA Tarakanita Setra Raya, SMA Tarakanita 2 dan 5 Jakarta serta SMA Abdi Sisua Bintaro dengan jumlah peserta didik sebanyak 2.742 orang, memecahkan rekor MURI sebagai “Pelatihan Pemrograman Bagi Siswa Terbanyak”.

Kelas Coding sendiri merupakan kegiatan pengenalan ilmu komputer global selama satu jam yang dirancang untuk mempraktikkan pengetahuan pemrograman serta memperkenalkan dasar-dasarnya kepada anak-anak dan remaja melalui komputer dan perangkat seperti tablet dan ponsel pintar. Kampanye lokakarya Hour of Code sendiri berjalan di lebih dari 180 negara dengan dukungan lebih dari 400 mitra implementasi resmi di seluruh dunia, termasuk Optima Technical Academy.

Dalam workshop ini siswa mendapatkan pengetahuan dan pembelajaran tentang pembuatan animasi, game, proyek AI dan aplikasi smartphone.

Workshop ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara yang diakhiri dengan Optima Coding Competition yang diselenggarakan pada tanggal 27 dan 28 Januari di Hotel Shangri-La dan Pullman Central Park, serta Outdoor Education Expo yang bekerja sama dengan Optima Education.

Melalui berbagai program ko-kurikuler dan ekstrakurikuler informatika bidang pemrograman, robotika, seni digital, pembuatan konten dan pemasaran digital di Optima Tech Academy, setiap proses belajar mengajar dirancang sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan pengetahuan mereka dan dikemas dalam lingkungan yang terintegrasi. Sebuah metode yang menarik.

Siswa juga dapat menikmati proses pembelajaran ilmu komputer melalui kurikulum dan materi yang terus diperbarui sambil terus mengembangkan kompetensinya, baik dalam keterampilan teknis, kompetensi komunikasi, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kritis, maupun kreativitas dan inovasi.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan