Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Hadits Arbain ke-1, Berisi tentang Niat dan Amal Perbuatan Seorang Muslim

Hadits Arbain ke-1, Berisi tentang Niat dan Amal Perbuatan Seorang Muslim

Jakarta – Hadits Arbin atau Arbin Nawaveh merupakan kumpulan empat puluh hadits yang dikumpulkan oleh Imam Nawawi. Dalam tradisi Islam, kumpulan hadis ini merupakan salah satu karya sastra hadis yang paling penting.

Hadits-hadits yang terdapat dalam Arbaeen Nabawi memuat berbagai topik penting seperti keimanan, ibadah, akhlak, tuntunan hidup yang baik, serta nasehat dan bimbingan Rasulullah SAW.

Hadits pertama dalam kumpulan Arbin al-Nawawi adalah bahwa Rasulullah SAW mengajarkan pentingnya niat dalam urusan umat Islam. Dalam hadis ini, nilai dan diterimanya suatu perbuatan tergantung pada niat di baliknya.

Jika niat seseorang untuk mendapatkan keridhaan Allah dan mengikuti petunjuk Rasul-Nya, maka perbuatannya diterima dan dianggap benar. Namun jika niat tersebut berkaitan dengan tujuan atau sasaran duniawi yang tidak sesuai dengan kehendak Allah, maka nilai amalan tersebut akan berkurang atau ditolak.

Rabu, 21 Juni 2023 Hadits yang dihimpun dari berbagai sumber ini juga menyampaikan risalah haji dan hijrah diterima adalah hijrah yang dilakukan untuk mengikuti kehendak Allah dan petunjuk-Nya. Oleh karena itu, hadits ini mengingatkan kita akan pentingnya mendekatkan diri kepada Allah dengan keikhlasan dan niat yang benar dalam setiap perbuatan.1 milyar hadits:

Hazrat Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhu berkata: Saya bertanya kepada Rasulullah, semoga Tuhan memberkati dia dan memberinya kedamaian, bahwa: “Suatu perbuatan tergantung pada tujuannya, dan siapa pun yang berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya akan dipertemukan dengan niatnya.” Kemudian dia harus berhijrah demi keridhaan dan keridhaan Allah Ta’ala. Hijrahnya dia di sisi Allah dan para rasulnya juga akan mempertimbangkannya, namun hijrahnya itu dianggap sebagai alasan hijrahnya, alasan mengapa dia ingin mencapai dunia atau wanita yang ingin dinikahinya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits ini memberikan pelajaran penting tentang pentingnya ikhlas dan niat yang benar dalam segala perbuatan kita. Hal ini mengingatkan kita bahwa keikhlasan merupakan faktor utama dalam meraih rahmat Allah. Salmafina merayakan kelulusannya dari Sekolah Alkitab Sunan Kalijaga: putra ayah kembali ke Shulha Salmafina Sanan adalah putri seorang pengacara terkenal Sunan Kalijaga yang kini memilih masuk Kristen. Detik Tegal.co.id 14 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan