Portal Berita Tegal
Beranda Bisnis Hari Pers Nasional 2024, Sri Mulyani Tegaskan Peran Penting Pers bagi Negara Demokratis

Hari Pers Nasional 2024, Sri Mulyani Tegaskan Peran Penting Pers bagi Negara Demokratis

Detik Tegal, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengucapkan selamat kepada pers Indonesia di Hari Pers Nasional 2024. Pada Hari Pers Nasional 2024, Sri Mulyani menegaskan peran pers sangat penting dan mendasar dalam negara demokrasi.

“Kepada seluruh insan pers yang saya hormati dan banggakan, di Hari Pers Nasional tahun 2024 ini, saya, Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan RI mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di Indonesia. . Hal itu diungkapkan Sri Mulyani melalui akun Instagram resminya @smindrawati pada Jumat (2 September 2024).

Sri Mulyani berpendapat, peran pers sangat penting bagi negara demokrasi sesuai dengan tanggung jawab yang diembannya terhadap pengembangan pemikiran dan penyebaran pendidikan lebih lanjut.

“Peran pers sangat penting dan mendasar bagi negara yang menganut sistem demokrasi. Sebagai garda depan, pers mempunyai tanggung jawab yang sangat penting dan sangat besar untuk terus meningkatkan peran peradaban, terus mengembangkan pemikiran, dan terus menjadi sumber pencerahan dan informasi pendidikan,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, teknologi digital yang sangat berdampak pada industri pers juga menantang pelaku pers untuk beradaptasi agar terus memberitakan, merekam dan menyiarkan peristiwa serta berbagai pembelajaran hidup yang penting bagi bangsa.

Di sisi lain, insan pers juga harus tetap menjadi sumber terpercaya, menjaga integrasi, tetap relevan, namun juga berlandaskan kebenaran, keadilan, berimbang, cerdas dan mendidik, yang merupakan bagian dari membangun harkat dan martabat bangsa Indonesia.

Sri Mulyani mengapresiasi kerja keras dan dedikasi para insan pers yang harus bekerja keras beradaptasi bahkan melawan arus perubahan yang tidak selalu mampu menjaga kejelasan, keinformatifan, dan integritas informasi bagi masyarakat. Ini adalah tugas mendasar.

“Perorangan pers tidak sekedar menjadi saksi pasif peristiwa-peristiwa di Indonesia, namun juga partisipan aktif dalam membantu membentuk sejarah Indonesia,” kata Sri Mulyani.

Dalam rangka Hari Pers Nasional tahun 2024, Sri Mulyani kembali mengucapkan selamat pada Hari Pers Nasional yang bertemakan advokasi pergantian kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa.

“Sistem pergantian kepemimpinan nasional melalui pemilu tentunya menuntut peran pers yang sangat penting, jelas, mampu menjadi sumber informasi yang terpercaya, menjaga integritas pemberitaan. Sekaligus berupaya menjaga keutuhan bangsa,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengucapkan terima kasih kepada pers nasional yang terus menjadi mitra dalam mengedukasi masyarakat tentang keuangan negara.

“Atas nama Kementerian Keuangan, kami ucapkan terima kasih karena terus menjadikan pers nasional sebagai sahabat dan mitra dalam mengedukasi masyarakat mengenai masalah keuangan negara. Selamat Hari Pers Nasional. Maha Suci Pers Indonesia, tetap semangat menjaga keutuhan Indonesia! ” Dia berkata.

Dikutip dari saluran warga Detik Tegal: Hari Pers Nasional (HPN) merupakan perayaan tahunan yang diadakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari, yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). HPN merupakan penghargaan bagi seluruh insan pers yang telah berjasa dalam memajukan dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Tema Hari Pers Nasional

Setiap tahunnya HPN mempunyai tema yang berbeda-beda, tergantung situasi dan kondisi terkini di Indonesia. Tema HPN tahun 2024 adalah “Melindungi Transisi Kepemimpinan Nasional dan Melestarikan Keutuhan Bangsa”. Tema tersebut dipilih sebagai respons terhadap sentimen Partai Demokrat pada pemilu 2024, dimana Indonesia akan memilih presiden dan wakil presiden, serta anggota legislatif.

Tema ini juga bertujuan agar insan pers tetap menjaga keutuhan bangsa dalam menghadapi perubahan dinamika politik. Insan pers diharapkan dapat menjamin terjadinya transisi menuju kepemimpinan nasional yang demokratis, profesional dan jujur. Insan pers juga diharapkan menjadi penjaga keutuhan bangsa yang majemuk, toleran, dan harmonis.

Logo HPN 2024 menampilkan siluet Garuda Pancasila yang melambangkan semangat nasionalisme dan patriotisme. Di dalam siluet Garuda terdapat gambar Monumen Nasional (Monas) yang melambangkan Jakarta sebagai ibu kota negara dan lokasi HPN 2024. Di bawah siluet Garuda terdapat tulisan bertuliskan “Hari Pers Nasional 2024” berwarna merah putih. yang melambangkan bendera Indonesia.

Dalam rangka HPN 2024, PWI mengajak seluruh insan pers untuk bersama-sama mengawal peralihan kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa.

PWI juga mengingatkan insan pers untuk tetap menjalankan tanggung jawab dan fungsi pers dengan mengedepankan kode etik jurnalistik, prinsip checks and balances, dan hakikat pers sebagai pilar keempat demokrasi.

PWI juga menghargai peran dan kontribusi pers dalam menyikapi berbagai persoalan dan perubahan yang terjadi di era digital, seperti disinformasi, hoaks, ujaran kebencian, dan kekerasan digital. PWI berharap pers dapat terus beradaptasi dan berinovasi dalam menghasilkan jurnalisme berkualitas yang bermanfaat bagi masyarakat.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan