Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Heboh Obat Sirup Ditarik BPOM, Ini 4 Cara Meredakan Demam pada Anak Tanpa Obat

Heboh Obat Sirup Ditarik BPOM, Ini 4 Cara Meredakan Demam pada Anak Tanpa Obat

Detik Tegal – Demam pada anak menjadi salah satu hal yang ditakuti banyak orang tua. Faktanya, BPOM baru-baru ini memutuskan untuk menarik sebagian besar obat antimalaria dari pasaran. Lalu bagaimana cara mengobati demam pada anak tanpa obat?

Orang tua pasti bingung ketika anak demam dan tidak bisa memberikan sirup. Selain itu, setelah Kementerian Kesehatan negara tersebut mengeluarkan pengumuman bahwa pasien tidak boleh diberikan sirup untuk sementara waktu, terutama anak-anak, untuk menghindari masalah ginjal.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika upaya-upaya yang dilakukan untuk menurunkan penyakit malaria dilakukan dengan menggunakan berbagai cara selain obat-obatan. Setelah banyak beredar pemberitaan mengenai obat-obatan dengan khasiat berbahaya, sebaiknya Anda mengetahui cara menurunkan demam pada anak tanpa obat, selain juga efektif.

Beberapa pendapat tersebut sendiri merujuk pada salah satu artikel yang dimuat di website dinkes.kalbarprov.go.id agar dapat dipastikan kebenarannya. Lihatlah beberapa cara hebat di bawah ini!

1. Jumlah pompa

Cara pertama adalah dengan makan banyak. Tubuh yang panas membutuhkan banyak air, sehingga harus banyak minum air putih setiap saat.

Beberapa cairan yang dianjurkan untuk anak saat demam, selain air putih, adalah kaldu ayam hangat, buah encer, dan buah buatan sendiri. .

Cara ini efektif mengurangi rasa sakit dan menghindarkan anak dari risiko dehidrasi.

2. Jaga agar anak tetap tenang

Cara kedua yang bisa digunakan adalah dengan mendinginkan tubuh anak. Cara ini tercantum di Healthline, dan bisa digunakan untuk membantu menurunkan demam anak Anda. Yang jelas kalau anak tidak bangun.

Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain dengan memakai pakaian yang tidak tebal, kemudian tidak menggunakan selimut, membasuh diri dengan air panas, dan menyalakan udara agar udara di sekitar anak lancar.

Dengan cara ini, tubuh bayi bisa ‘bernafas’ dengan baik, dan napasnya pun nyaman.

3. Dapatkan liburan penuh

Salah satu tips dan cara menurunkan demam anak yang paling ampuh adalah dengan membiarkan anak beristirahat dengan baik. Istirahat membantu tubuh anak untuk pulih dan pulih, sehingga demamnya juga cepat turun.

Jika Anda tidak bisa tidur nyenyak, setidaknya berbaringlah bersama anak Anda dan bacakan cerita untuk menenangkannya dan bersantai sejenak.

4. Berikan kompres hangat

Ikatan Dokter Indonesia juga menganjurkan pemberian kompres hangat saat anak demam. Ini sangat efektif pada anak-anak ketika kompres diletakkan di tangan dan perut selama sekitar 10 hingga 15 menit.

Tindakan sederhana ini bisa menjadi salah satu tindakan pertolongan pertama penyakit malaria pada bayi dan anak, sebelum mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Itulah cara menghilangkan penyakit malaria pada anak tanpa obat yang bisa diedarkan. Tentunya bila demam tak kunjung reda, sangat disarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis anak terpercaya dan memeriksakan kondisi Anda. Semoga bermanfaat, dan selamat berkarya!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan