Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Hidup dengan Mengontrak Rumah Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Masa Iya?

Hidup dengan Mengontrak Rumah Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Masa Iya?

Detik Tegal Edukasi – Masyarakat perkotaan identik dengan pilihan untuk menyewa rumah. Selain menghemat uang, menyewa rumah menjadi solusi kendala ekonomi. Namun siapa sangka sisi positif dari menyewa rumah menyembunyikan dampak kesehatan mengejutkan yang dialami masyarakat.

Melansir New Atlas, Senin 16 Oktober 2023, studi baru yang dilakukan peneliti dari University of Adelaide di Australia Selatan menunjukkan bahwa menyewa rumah secara pribadi dikaitkan dengan penuaan biologis atau dini yang lebih cepat.

Peneliti mengklaim bahwa secara biologis, orang yang menyewa rumah bisa terlihat lebih tua dari usianya. Hal ini berlaku tanpa memandang usia kronologis, yang dihitung berdasarkan tanggal dan tahun lahir. Studi ini menyoroti hubungan antara menyewa apartemen dan kesehatan.

Para peneliti menggunakan data survei sosial dan informasi epigenetik, yang mengukur metilasi untaian DNA, untuk memahami bagaimana perumahan mempengaruhi kesehatan. Metilasi DNA merupakan modifikasi kimia DNA yang dapat dipengaruhi oleh perilaku dan lingkungan tanpa mengubah kode genetik.

Penelitian ini melibatkan 1.420 responden dari British Household Longitudinal Study dan British Household Panel Survey. Para peneliti memperhitungkan berbagai elemen perumahan, termasuk kepemilikan tanah, jenis bangunan, dukungan keuangan pemerintah dan lokasi perumahan.

Mereka juga mempertimbangkan elemen psikososial seperti biaya perumahan, tunggakan dan kelebihan beban.

Dalam penelitian yang juga diterbitkan dalam Journal of Epidemiology & Public Health ini, para peneliti mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin berkontribusi terhadap penuaan biologis. Mulai dari jenis kelamin, pendidikan, status sosial ekonomi, pola makan, stres, masalah keuangan, berat badan, dan merokok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyewa menua secara biologis lebih cepat dibandingkan pemilik rumah. Dampak ini hampir dua kali lipat dibandingkan pengangguran dan 50% lebih besar dibandingkan mantan perokok.

Namun, perlu ditekankan bahwa tinggal di perumahan umum, dengan biaya yang lebih rendah dan keamanan perumahan yang lebih baik, tidak mempengaruhi penuaan biologis, meskipun hal ini biasanya membawa stigma sosial tertentu. Bukan Cuma Dingin, Ternyata Memasang AC di Rumah Punya 5 Manfaat Bagi Kesehatan Ini Kualitas udara yang kita hirup sangat penting bagi kesehatan kita, terutama bagi penderita alergi atau gangguan pernafasan. Sistem filter pada AC mampu menghilangkan polutan Detik Tegal.co.id 12 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan