Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Ingatan Nani Wijaya Disebut Menurun, Ketahui Penyebab dan Hubungannya dengan Usia Tua

Ingatan Nani Wijaya Disebut Menurun, Ketahui Penyebab dan Hubungannya dengan Usia Tua

Detik Tegal – Putri Nina Wijaya, Nina Kartika, mengungkapkan bahwa ibunya baik-baik saja setelah video ibunya lagi. Ternyata, baru-baru ini pengurus rumahnya mengunggah video Nani Wijaya tanpa jilbab, tampak kurus dan cantik.

Lewat video tersebut, netizen meyakini Nani Wijaya sedang sakit. Namun, Nina Kartika akhirnya membeberkan fakta bahwa aktris yang berperan sebagai ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​mereka​​​​ mereka hal

“Syukurlah, seperti teman, paham?” Sehat, kuat, sedikit kurang. Bagaimana perasaan Anda saat bangun tidur? “Dia tidak punya rambut, belum siap, pakai celana dalam,” kata Nina Kartika saat ditemui di rumahnya di BSD, Tangerang Selatan, Kamis (14 Oktober 2022). Aktris Bajaj Bajuri Rieke Diah Pitaloka Fany Fadilan dan lainnya mengunjungi artis Nani Wijaya di rumahnya di BSD, Tangsel, Jumat (14/10/2022). [Rena Pangesti / Detik Tegal]

Nina Kartika mengungkapkan, Nani Wijaya kini dalam keadaan sehat dan berpenampilan baik. Nani Wijaya terkadang mengalami kesulitan otak dalam mengingat sesuatu. Menurut Nina, hal tersebut wajar karena usia Nani Wijaya sudah tidak muda lagi.

Kalau di video, kalau yang sudah lanjut usia, wajar kalau daya ingatnya agak berkurang. Kalau di video mereka berbicara baik-baik. Beda dengan usia syuting, beda jauh, jelas Nina Kartika.

Dalam dunia kesehatan pribadi, masalah penuaan memang nyata. Menurut Helpguides, penuaan dikatakan berhubungan dengan perubahan fisiologis yang mempengaruhi fungsi otak.

Namun, tidak sepenuhnya benar jika seseorang menjadi tua maka ia akan tiba-tiba kehilangan ingatannya. Alasannya karena otak bisa menciptakan hal-hal baru sepanjang tahun. Saat ini, kehilangan ingatan seringkali disebabkan oleh faktor lain seperti gaya hidup.

Kini, ada banyak penyebab yang menyebabkan seseorang mengalami kehilangan ingatan di usia tua, antara lain: Kelainan pada hipokampus, yaitu area otak yang terlibat dalam pembentukan dan pengambilan kehilangan ingatan. Proporsi ini menurun seiring bertambahnya usia. Hormon dan protein yang melindungi dan memperbaiki jaringan otak serta mendorong pertumbuhan saraf menurun seiring bertambahnya usia. Orang lanjut usia juga mengalami penurunan aliran darah ke otak sehingga dapat mengganggu daya ingatnya. Tak hanya itu, perilaku tersebut berdampak pada perubahan keterampilan kognitif.

Hilangnya ingatan akibat penuaan berbeda dengan demensia atau penyakit Alzheimer. Mudah sekali melupakan sesuatu, mulai dari lupa nama, lupa janji, mudah tersesat atau sulit dimengerti.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan