Portal Berita Tegal
Beranda Otomotif Ingin Pasang Lampu LED di Sepeda Motor Kesayangan, Simak Nilai Plus dan Minus Berikut

Ingin Pasang Lampu LED di Sepeda Motor Kesayangan, Simak Nilai Plus dan Minus Berikut

Detik Tegal – Perkembangan mainan atau perangkat sepeda bermotor semakin pesat. Diantaranya adalah penggunaan lampu LED yang lebih luas.

Lampu LED banyak diminati karena jenis lampu ini terlihat menarik dan stylish. Dan membuat tampilan motor semakin stylish dan keren.

Menggunakan lampu LED sebenarnya kualitasnya lebih baik dibandingkan lampu bohlam. Namun, ada dampak negatif lampu LED pada sepeda motor yang perlu dipahami.

Disebutkan oleh Wahana Honda, mulai dari aki mati hingga mika meleleh bisa terjadi saat memasang lampu LED. Berikut catatannya untuk dijadikan bahan pembahasan mengenai dampak penggunaan lampu LED pada sepeda motor kesayangan Anda:

Cahaya lebih terang

Secara umum, cahaya yang dihasilkan lampu LED lebih terang dibandingkan lampu pijar. Namun cahaya putih yang keluar kurang begitu terang jika berkendara di tengah hujan.

Tak hanya itu, bohlam ini juga menghasilkan cahaya dingin, namun menimbulkan panas pada mesin. Gambar aki sepeda motor. (Pixabay)

Membuang-buang baterai

Penggunaan baterai boros karena beban listrik pada lampu sangat besar. Karena lampu LED memiliki cahaya yang terang, maka daya yang dibutuhkan akan mempengaruhi penggunaan baterai.

Oleh karena itu, pabrikan sepeda motor tidak menyarankan pemiliknya melakukan modifikasi mengganti bohlam dengan LED.

Mika bisa meleleh

Dampak lain yang bisa terjadi adalah mika pada lampu bisa meleleh. Hal ini karena bohlam mempunyai daya yang lebih besar. Benturan yang ditimbulkan menimbulkan panas sehingga menyebabkan rumah lampu dan reflektor meleleh.

Hal ini jelas akan merugikan pemilik sepeda motor. Jadi Anda harus memperbaiki atau membeli bohlam baru jika hal ini terjadi.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan