Portal Berita Tegal
Beranda Sains Ini Rekomendasi BMKG Hadapi Siklon Tropis Anggrek-Bibit Siklon 99S

Ini Rekomendasi BMKG Hadapi Siklon Tropis Anggrek-Bibit Siklon 99S

Detik Tegal, Jakarta – Cuaca Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan beberapa rekomendasi untuk mengatasi bibit siklon tropis dan dampak Topan 99S di Indonesia. Akibat kedua kejadian tersebut, selain kejadian regional yang terjadi pada minggu mendatang, ada kemungkinan hujan lebat, kata Guswanto.

Selain siklon tropis dan sistem benih siklon 99S yang disebutkan di atas, kita juga bisa melihat dinamika atmosfer lainnya, Madden Julian Oscillation (MJO) Guswanto, bahwa ada proses lain yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya cuaca buruk pada minggu depan. beroperasi di Indonesia dan disertai proses gelombang Kelvin dan gelombang Rossby yang memperkuat aliran monsun Asia dan memberikan dukungan yang cukup bagi berkembangnya awan hujan,” ujarnya, Selasa (16 Januari 2024).

Khususnya Aceh; Sumatera Utara Sumatera Barat Riau 16-18 Januari di kalangan Kep Ada kemungkinan hujan lebat pada tahun 2024. Riau Bengkulu, Jambi Sumatera Selatan Kep. Bangka Belitung, lampung, Banten Jawa barat Jawa Timur Bali Nusa Tenggara Timur Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Utara Kalimantan Timur Kalimantan Selatan Sulawesi Utara Gorontalo, Sulawesi Tengah Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara, Maluku Utara; maluku, Papua Barat Papua.

Kemudian pada tanggal 19 hingga 22 Januari 2024, Aceh, Sumatera Utara Sumatera Barat Riau Ada kemungkinan hujan lebat di Kep. Riau Bengkulu, Jambi Sumatera Selatan Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi pusat Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara, Maluku Utara maluku, Papua Barat dan Papua.

Terkait risiko cuaca buruk, BMKG menyarankan untuk menghindari operasi pelayaran di perairan rawan banjir. lembah sungai Lereng gunung yang bisa runtuh Pohon tumbang; Disarankan untuk menghindari daerah rawan bencana alam seperti daerah pesisir pantai. Bencana tanah longsor terutama pada daerah rawan akibat banjir bandang/banjir pantai.

Setelah itu, lembaga terkait dapat terus berkoordinasi guna memprediksi bencana terkait cuaca. Prakiraan cuaca lebih detail dan peringatan kemungkinan hujan lebat hingga tingkat kecamatan dapat diakses di aplikasi @InfoBMKG dan pantau terus prakiraan cuaca dan peringatan cuaca buruk melalui situs resmi saluran BMKG https. //www.bmkg .go.id, ; Jejaring sosial (twitter, instagram, youtube) @infobmkg; Aplikasi iOS dan Android “InfoBMKG”; Hubungi kantor BMKG terdekat.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan