Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Jadi Opsi Perawatan Paliatif Kanker, Akupunktur Bermanfaat untuk Apa Saja?

Jadi Opsi Perawatan Paliatif Kanker, Akupunktur Bermanfaat untuk Apa Saja?

Detik Tegal, JAKARTA — Jika terdeteksi sejak dini, kanker biasanya dapat ditangani dengan sejumlah pengobatan, mulai dari pembedahan, kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, terapi hormon, hingga terapi sasaran yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. Bagaimana jika pasien berada pada tahap terakhir?

“Bagi pasien kanker stadium akhir, prosedur yang dilakukan seringkali merugikan,” kata Handaya Dipanegara, ahli akupunktur medis, subspesialis akupunktur, analgesia, dan anestesi, RS Pondok Inda, Jakarta, Selasa. hari (6/2/2), demikian siaran persnya. 2024).

Perawatan paliatif adalah perawatan terhadap pasien dan keluarganya yang menderita penyakit terminal dengan meningkatkan kualitas hidup pasien dan mengurangi gejala-gejala yang mengganggu. Perawatan paliatif biasanya mencakup manajemen nyeri, manajemen gejala lainnya, dan dukungan emosional dan spiritual.

Kanker atau tumor ganas adalah suatu penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel atau jaringan ganas, yang tumbuh dengan cepat, tidak terkendali, dan menyebar ke bagian tubuh penderita yang lain. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, kanker adalah penyebab kematian kedua di dunia.

Sementara itu, berdasarkan data Globucan yang dirilis pada tahun 2020, Indonesia memiliki 396.914 kasus kanker baru. Setelah itu, jumlah kematian akibat kanker mencapai 234.511 orang.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan