Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Jejak Narkoba Ditemukan di Rambut Irjen Teddy Minahasa, Simak 3 Fakta Tes Narkoba Lewat Rambut

Jejak Narkoba Ditemukan di Rambut Irjen Teddy Minahasa, Simak 3 Fakta Tes Narkoba Lewat Rambut

Detik Tegal – Kapolda Jawa Timur AKBP Teddy Minahasa ditangkap terkait kasus narkoba. Tes urin, darah dan rambut menunjukkan adanya jejak metamfetamin kristal. Simak fakta mengenai tes obat rambut di bawah ini.

Tes obat rambut bukanlah hal baru. Selain darah dan urin, jejak obat dapat dideteksi melalui rambut dan hasil tes yang akurat dapat diperoleh. Deskripsi pengujian obat rambut. [menutup]

Mengutip jalur kesehatan, tes narkoba rambut biasanya dilakukan untuk mencari jejak obat-obatan seperti amfetamin, metamfetamin, ekstasi, ganja, kokain, dan opiat.

1. Tentukan pada 3 bulan

Tes obat rambut sangat akurat karena dapat mendeteksi jejak obat hingga 90 hari yaitu 3 bulan.

Proses pengujian obat untuk rambut sederhana saja, cukup potong rambut dan masukkan ke dalam tabung untuk dianalisis.

Jika pasien tidak memiliki rambut di kepala, dokter dapat menggunakan rambut dari bagian tubuh lain karena memiliki khasiat yang sama.

2. Seberapa akurat tes obat rambut?

Secara umum, review produk rambut cukup akurat. Pada ujian putaran pertama, hasilnya tersedia dalam waktu 24 jam.

Sebuah tes yang disebut ELISA memeriksa jejak obat di rambut Anda dalam 90 hari terakhir. Tes ini dapat mendeteksi jejak obat namun tidak dapat menentukan jenis obat yang digunakan.

Apabila hasil uji ELISA positif maka dilakukan uji kedua yang disebut kromatografi gas/spektrometri massa (GC/MS), yang bertujuan untuk melihat jenis obat yang digunakan di laboratorium.

3. Tes obat rambut vs urin

Meski sama-sama mendeteksi narkoba, terdapat sedikit perbedaan pada tes narkoba melalui rambut dan urin.

Urin hanya dapat mendeteksi jejak obat hingga 3 hari yang lalu, dan rambut hanya dapat mendeteksi jejak obat hingga 90 hari.

Sebaliknya urin dapat langsung mendeteksi suatu obat dalam 3 hari terakhir pada pasien. Sedangkan untuk mendapatkan hasil positif, dibutuhkan waktu 7 hari untuk menggunakan obat terakhir pada tes rambut.

Irjen Teddy Minahasa ditangkap terkait kasus narkoba

Irjen Teddy Minahasa dikabarkan ditangkap terkait kasus narkoba. Informasi tersebut pertama kali dibagikan oleh Wakil Presiden Komisi III Korea Utara, Ahmed Sahroni.

Ahmed Sahroni mengatakan pada Jumat (14/10/2022): “Diduga benar. Kalau tidak salah itu narkoba.”

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Irjen Teddy Minahasa ditangkap di dekat Institut Ilmu Kepolisian Jakarta Selatan atau PTIK.

Irjen Teddy Minahasa yang dilantik menjadi Kapolda Jatim diperiksa dan ditangkap, kata Kapolri Jenderal Listo.

Pada Jumat (14/10/2022), Kapolri Jenderal Sighet Prabow dalam jumpa pers mengatakan, “Inspektur TM ditempatkan pada posisi khusus.”

Lithium sangat marah dengan kasus tersebut. Sebab, dia mengaku berkali-kali menginstruksikan jajarannya untuk tidak terlibat masalah narkoba.

Saya telah mengatakan dalam banyak hal bahwa tidak ada seorang pun yang bermain-main dengan masalah narkoba. Narkoba harus dihilangkan. Saya katakan siapa pun yang terlibat, apapun pangkat atau jabatannya, akan ditindak tegas, kata Kapolri.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan