Portal Berita Tegal
Beranda Bisnis Jokowi Setop Sementara Bagi-bagi Bansos Beras di Masa Tenang

Jokowi Setop Sementara Bagi-bagi Bansos Beras di Masa Tenang

JAKARTA – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menghentikan sementara penyaluran bantuan sosial (banso) beras sebanyak 10 kilogram (kg) kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Kebijakan ini telah disetujui oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan pemerintah akan mengkaji ulang pelaksanaan bantuan pangan. Oleh karena itu, pada 11-14 Februari 2024, pihak berwenang menghentikan sementara penyaluran bantuan sosial beras sebanyak 10 kilogram. Pertimbangan utamanya adalah pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yang dimulai pada 14 Februari. . tahun ini.

“Akan dianggap dihentikan sementara pada hari tenang tanggal 11 Februari sampai dengan pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024,” kata Oriif, Selasa (6/2/2024).

Arif juga belum bisa memastikan kapan pemerintah akan kembali menerapkan bansos perunggu untuk masyarakat bawah pasca pemilu. Meski demikian, Perum Bulog dipastikan menjaga pasokan beras tetap tercukupi.

“Kami akan informasikan secepatnya karena Bulog juga sudah membuat rencana distribusi ke seluruh Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, pemerintah sudah lama merencanakan bansos beras karena sangat dibutuhkan masyarakat, sementara produktivitas pertanian di beberapa daerah sudah sangat berkurang akibat dampak El Nino.

Pada saat yang sama, bantuan pangan beras juga dinilai efektif menahan kenaikan harga beras di pasar akibat menurunnya produksi beras.

“Seperti diketahui, subsidi beras sudah dirancang sejak lama dan sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang berpenghasilan rendah. Padahal, subsidi beras ini sangat efektif untuk mencegah kenaikan harga akibat penurunan harga. produksi padi,” ujarnya.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan