Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi JPPI: Program Makan Siang Gratis akan Membuat Biaya Pendidikan Tambah Mahal

JPPI: Program Makan Siang Gratis akan Membuat Biaya Pendidikan Tambah Mahal

JAKARTA – Program makan siang gratis menuai banyak kritik dari banyak pihak. JPPI mengklaim jika program ini diterapkan maka biaya pendidikan akan semakin mahal.

Koordinator nasional Jaringan Riset Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji mengatakan pemerintah harus mempertimbangkan kembali apakah akan segera menerapkan program makan siang gratis.

“Pemerintah jangan hanya mengikuti republik saja, karena ini terkait dengan janji pemilu, tapi harus memikirkan bagaimana menyelesaikan prioritas mendesak untuk meningkatkan dampak dan kualitas pendidikan,” ujarnya. siaran pers, Senin (4/3/2024).

Baca Juga: Apa Saja Menu Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran?

JPPI, kata Ubayd, meyakini biaya pendidikan akan meningkat. Jika program makan siang gratis ini diterapkan, jelas akan membebani anggaran dan menambah utang negara. Akibatnya, biaya pendidikan menjadi semakin mahal dan tidak terjangkau.

“Banyak yang berteriak soal mahalnya biaya pendidikan dan tidak dilaksanakannya program wajib belajar gratis 12 tahun. Banyak kebencian bahkan di sekolah negeri, apalagi di sekolah swasta yang biaya sekolahnya semakin tidak terjangkau,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya, tujuan dari program ini masih belum jelas. Masyarakat terus menerima pesan yang beragam. Ada yang bilang itu pencegahan tinggi badan, efisiensi nutrisi, makan siang ekstra, dll.

Jelas tidak ada manfaat dari program ini untuk mencegah stunting, katanya. Kalau program pencegahan stunting, tunjangannya diberikan untuk ibu hamil dan anak di bawah 2 tahun.

Rapat Kabinet Bahas Program Makan Siang Gratis, AHY: Pembangunan Ekonomi

“Kalau untuk mencapai gizi yang baik, makan siangnya apa, kalau anak ke sekolah dalam keadaan perut kosong dan tidak sarapan, kalau malam makan uka atau seblak? Maka makan siang untuk mencapai makan adalah hal yang mudah. – dia menambahkan.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan