Portal Berita Tegal
Beranda Bisnis KAI Commuter: 92 Persen Pengadaan KRL Bekerja Sama dengan INKA

KAI Commuter: 92 Persen Pengadaan KRL Bekerja Sama dengan INKA

Detik Tegal , JAKARTA – PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter menyebutkan 92 persen pembelian infrastruktur kereta api listrik (KRL) dilakukan dengan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA.

Lebih dari 92% dari total pembelian fasilitas KRL atau 35 kereta, KAI Commuter menggandeng PT INKA dengan total nilai investasi KRW 6,6 triliun. Dalam akuisisi tersebut, KAI Commuter ikut serta dalam akuisisi dan perolehan fasilitas KRL baru. Reorganisasi KRL,” kata Sekretaris Jenderal Bisnis KAI Ann Porba dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (2/8/2024).

Diungkapkannya, untuk melayani sekitar 900.000 hingga 950.000 komuter jalur Jabodetabek setiap harinya, KAI Commuter akan terus mempertimbangkan fasilitas KRL untuk operasional Jabodetabek dan sekitarnya.

“KAI Commuter telah bermitra untuk pembelian fasilitas KRL hingga tahun 2023 dan 2024,” ujarnya. Kerjasama ini dilakukan baik dalam negeri maupun internasional. Total pembelian 38 KA KRL.

Lanjutnya, kerja sama ini mencakup akuisisi 16 fasilitas KRL baru dengan total investasi Rp3,8 triliun dan Rp8 miliar serta total investasi lebih dari Rp2,23 triliun.

Kemitraan pembelian fasilitas KRL khususnya dengan PT INKA ini juga merupakan komitmen KAI Commuter untuk mendukung program substitusi produksi dan impor dalam negeri melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN) yang dicanangkan pemerintah, ujarnya.

Selain itu, KAI Passenger juga terus mendukung pengembangan Perkeretaapian Nasional dengan menyediakan fasilitas KRL. Kemitraan ini juga merupakan kelanjutan dari perjanjian kerja dan bentuk kerja sama sebelumnya antara KAI Commuter dengan PT INKA di seluruh tanah air.

Selain kerja sama dengan BUMN dalam negeri, KAI Commuter juga telah melakukan investasi senilai total US$783 miliar dalam pembelian KRL seri impor oleh pihak asing yakni CRRC Sifang Co., Ltd., China.

“Tentunya dalam pembelian fasilitas KRL, KAI Commuter mengutamakan waktu pengiriman dan standar teknis yang ditetapkan,” kata Ann.

KAI Commuter akan terus berkoordinasi dengan PT INKA dan CRRC Sifang untuk memastikan proses pengadaan fasilitas KRL sesuai dengan rencana kerja yang telah disepakati.

KAI Passenger juga akan terus berkoordinasi dan mendukung pemangku kepentingan terkait seperti Kementerian Koordinasi Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian dan BPKP (Badan Pengawasan dan Pembangunan Keuangan). dan mendukung kami agar pembelian fasilitas ini dapat meningkatkan perannya dalam “mendukung mobilisasi basis pengguna jalur perjalanan”.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan