Portal Berita Tegal
Beranda Bisnis Kemasan Siap Ekspor Dukung Daya Saing Produk di Pasar Global

Kemasan Siap Ekspor Dukung Daya Saing Produk di Pasar Global

Detik Tegal, JAKARTA – Kementerian Perdagangan terus menggalakkan penggunaan kemasan siap ekspor bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuga yang turut serta dalam kegiatan sosialisasi “Peluang Pasar Global melalui Kemasan Siap Ekspor” pada Jumat (2/9/2024), mengatakan pemanfaatan kemasan siap ekspor untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia. .

“Penggunaan kemasan siap ekspor menjadi kunci keberhasilan memperluas peluang ekspor di negara-negara yang berhasil membuka akses pasar,” kata Jerry, dikutip dalam siaran pers tertanggal Sabtu (10/2/2024).

Jerry menekankan, dalam upaya peningkatan ekspor, penting untuk meningkatkan nilai dan fungsi produk agar siap menghadapi persaingan pasar negara. Jerry juga menyebutkan nilai ekspor nonmigas Indonesia mencapai 242,9 miliar dolar AS pada tahun 2023. Sementara itu, neraca perdagangan Indonesia masih menunjukkan tren positif dengan surplus sebesar US$36,93 miliar pada tahun 2023.

Selain itu, Jerry juga menyampaikan bahwa Indonesia telah berhasil mengimplementasikan 37 perjanjian dagang, 15 perjanjian dagang sedang dalam proses negosiasi dan 16 perjanjian dagang lainnya sedang dalam tahap eksplorasi.

Untuk itu, badan usaha diharapkan dapat memanfaatkan perjanjian perdagangan yang telah dilaksanakan untuk mengembangkan produknya di pasar global guna memperluas dan menciptakan pasar baru guna meningkatkan ekspor.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan