Portal Berita Tegal
Beranda Otomotif Lebih Hemat Mobil Listrik atau Mobil Hybrid? Ini Penjelasannya

Lebih Hemat Mobil Listrik atau Mobil Hybrid? Ini Penjelasannya

Jakarta, 28 November 2023 – Kendaraan listrik Kendaraan listrik maupun hybrid mulai populer di Indonesia. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia alias Gaikindo, hal tersebut terlihat dari kenaikan angka penjualan kedua jenis mobil tersebut.

Ada banyak alasan mengapa mobil listrik dan hybrid lebih disukai banyak masyarakat di tanah air, mulai dari biaya operasional yang rendah hingga insentif yang tersedia. Tapi mana yang lebih efektif?

Biaya bahan bakar

Biaya energi merupakan salah satu komponen terbesar dalam pengoperasian kendaraan. Mobil hybrid menggunakan kombinasi mesin bensin dan motor listrik sehingga lebih hemat bahan bakar dibandingkan mobil konvensional.

Berdasarkan data yang diperoleh dari berbagai sumber yang dikutip Detik Tegal Otomotif, rata-rata konsumsi bahan bakar mobil hybrid adalah 20-25 km/l. Jadi Anda hanya membutuhkan 4-5 liter bensin Pertamax untuk menempuh jarak 100 kilometer dengan biaya Rp 53600-67000.

Biaya listrik

Kendaraan listrik memanfaatkan listrik sepenuhnya untuk menggerakkan kendaraan. Saat ini harga listrik di Indonesia berkisar antara Rp1.400 hingga Rp1.600 per kilowatt hour. Jika mobil listrik membutuhkan daya 8,5 kWh untuk menempuh jarak 100 km. Isi ulang listrik sekitar Rp 12.000 hingga Rp 13.600.

Biaya perawatan

Biaya perawatan mobil hybrid sama dengan mobil konvensional. Hal ini karena spesies ini memiliki komponen yang sangat berbeda. Untuk kendaraan listrik, biaya perawatan yang lebih rendah seperti oli dan filter oli mesin mengurangi biaya perbaikan. Biaya pembelian

Harga mobil hybrid di Indonesia saat ini mulai dari Rp 270 jutaan on the road DKI Jakarta yaitu Suzuki Ertiga Hybrid. Sedangkan kendaraan listrik seperti Wuling Air ev Lite dibanderol kurang dari Rp 200 juta setelah Insentif.

Khususnya untuk mobil listrik. Jakarta juga mendapat manfaat tambahan dalam bentuk akses gratis ke rute-rute eksotik dan pajak tahunan yang rendah.

Namun mobil Hybrid lebih fleksibel untuk perjalanan jarak jauh karena tidak bergantung pada sumber listrik dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk mengisi bahan bakar. Hanya 1 mobil listrik Tesla yang dijual di negara ini. Pasar mobil listrik di Korea Selatan sedang menghadapi kendala, dan kinerja Tesla adalah contoh nyata dari tren ini. Tahun 2023 Produsen EV Merek Amerika Ini Detik Tegal.co.id 8 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan