Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Lepas Ratusan Relawan Gerakan Sumut Mengajar, Ini Pesan Pj Gubernur Sumatera Utara

6
×

Lepas Ratusan Relawan Gerakan Sumut Mengajar, Ini Pesan Pj Gubernur Sumatera Utara

Sebarkan artikel ini

detiktegal – Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin melepas ratusan relawan Gerakan Sumut Mengajar Angkatan 15 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin tanggal 22 Januari 202.

Hassanudin berpesan kepada para relawan untuk berkomitmen memberikan pelayanan, menjaga sikap dan semangat kerja.

“Karena para relawan akan menjadi contoh dan inspirasi bagi anak-anak di pedesaan. “Maka berikanlah pelayanan yang terbaik, tinggalkanlah prestasi di masa mudamu yang baik,” kata Hassanudin dalam sambutannya di hadapan 300 relawan Gerakan Sumut Mengajar Angkatan 15.

Hassanudin mengatakan peningkatan mutu pendidikan dan literasi merupakan bagian dari pengembangan keterampilan manusia yang selama ini menjadi tujuan pembangunan di Provinsi Sumatera Utara. Sumber daya manusia merupakan investasi utama bagi pembangunan yang dapat membedakan sektor lainnya.

Dikatakannya, dengan sumber daya manusia yang tinggi, kita dapat mempercepat laju pembangunan, meningkatkan produktivitas, menghasilkan uang lebih banyak, memperbaiki taraf hidup, menyelesaikan permasalahan kemiskinan, kesehatan dan lingkungan hidup, mencapai perkembangan teknologi, meningkatkan industri kreatif dan lain sebagainya. pada. 

“Dengan sumber daya manusia yang tinggi, kita berharap dapat memperoleh bonus demografi dan mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045,” harapnya.

Penyiapan SDM yang tinggi menuju Indonesia emas, lanjut Hassanudin, hendaknya merata di seluruh Sumut, mengingat pembangunan tidak sekedar tujuan, menambah uang dan sukses. Namun kesetaraan juga harus kita perhatikan, karena akses terhadap pendidikan berkualitas adalah hak semua warga negara. 

“Saya yakin dengan adanya relawan di desa-desa dan pelosok desa, tidak hanya membawa manfaat bagi anak-anak setempat, namun juga memberikan ruang bagi generasi muda yang tangguh dan baik untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, mempertebal rasa cinta tanah air dan masyarakat, untuk menumbuhkan “semangat patriotisme pada generasi baru agar bisa menjadi penerus sejarah,” ujarnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumut yang juga Direktur Gerakan Relawan Mengajar Sumut, Dwi Endah Purwanti mengatakan, relawan mempunyai arti penting dalam dunia pendidikan. Gerakan Relawan Mengajar Sumut merupakan bentuk pemberian ruang bagi generasi muda sekaligus melahirkan kepemimpinan.

“Relawan Gerakan Mengajar Sumut Angkatan 15 ini akan menempatkan relawan di enam kabupaten di Kabupaten Serdangbedagai, dengan jumlah relawan sebanyak 300 orang dari berbagai perguruan tinggi di Sumut,” kata Dwi. 

Dwi mengingatkan para relawan untuk tetap menjaga nama baik selama bekerja. Menjadi sukarelawan adalah suatu kehormatan. “Jadilah inspirasi bagi anak-anak dan yakinkan mereka bahwa pendidikan adalah satu-satunya cara memutus siklus kemiskinan,” tutupnya.

Acara pengiriman relawan Gerakan Sumut Mengajar ini juga ditandai dengan pelepasan bus oleh Pj Gubernur Sumut bersama pimpinan OPD. Yang hadir antara lain Wakil General Manager Lies Handayani Siregar, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Asren Nasution, Kadis Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian. 

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Pada libur Hari Raya Waisak 2024, KAI Sumut melaporkan sebanyak 25.497 tiket terjual oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumut, tercatat pada libur Hari Raya Waisak 2024 terjual sebanyak 25.497 tiket. detiktegal.co.id 25 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *