Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Mahasiswa UIN Jalani Program KKN Hingga Malaysia dan Thailand

Mahasiswa UIN Jalani Program KKN Hingga Malaysia dan Thailand

Banjarmasin – Program Studi Kerja Nyata Mahasiswa (KKN) kembali diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tidak hanya di negara kita sendiri, tapi juga ke Malaysia dan Thailand.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan Ketua, Dr. Menurut Mohammad Zainal Abidin, ada sekitar 20 mahasiswa dan mahasiswa yang mengikuti program KKN internasional pada tahun 2023. Thailand dan Sarawak, Malaysia.

“Kami mengirim hingga delapan siswa ke Sarawak, Malaysia dan lebih dari 12 siswa ke Thailand,” katanya dilansir Antara. Menurutnya, mahasiswa yang menjalankan program KKN wajib bertaraf internasional ini telah menyelesaikan tugasnya pada Agustus ini sebanyak 20 orang.

Dijelaskannya, program KKN internasional UIN Antasari Banjarmasin sudah berjalan cukup lama sejak tahun 2010, namun karena adanya pandemi Covid-19 pada tahun 2020 ditunda hingga diumumkan berakhir pada tahun 2022. “Sejak pandemi Covid-19 selesai, program KKN internasional akan dilaksanakan kembali pada tahun 2023,” ujarnya.

Program KKN internasional ini dapat terselenggara berkat hubungan baik antar negara, tentunya di samping juga hubungan baik antara UIN Antasari Banjarmasin dengan lembaga pendidikan di kedua negara tersebut.

Untuk Sarawak Malaysia, Zainal mengatakan, UIN Antasari Banjarmasin memiliki hubungan harmonis dengan Yayasan Lembaga Pendidikan Hikma. Sehingga kedelapan mahasiswa yang menjalani program KKN internasional tahun 2023 ini mendapat sambutan hangat bahkan terbantu untuk mengabdi pada desa tujuan seperti Desa Pedoun Bawa dan Desa Bliming.

Berkat hubungan baik yang terjalin antara Yayasan Hikmah dan UIN Antasari, 42 mahasiswa asal Sarawak saat ini sedang menempuh pendidikan tinggi di UIN Antasari Banjarmasin.

Sementara di Thailand, kata dia, UIN Antasari Banjarmasin bekerjasama dengan Sat Adiniyah Mahd Albi di Kabupaten Muang, Provinsi Yala. “Ada 12 mahasiswa putra dan putri yang menjadi penyelenggara KKN internasional, semuanya berjalan lancar,” ungkapnya.

Bahkan, rencananya pada tahun ajaran berikutnya lima mahasiswa Sat Adiniyah Mahd Albi, Thailand akan melanjutkan pendidikan tinggi di UIN Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Tentunya program KKN Internasional UIN Antasari ini mempunyai banyak manfaat dan pembelajaran, selain untuk menambah pengalaman mahasiswa dan mahasiswa, juga menjaga hubungan baik pendidikan antar negara, sesama warga Malaysia dan mobilitas mahasiswa ke luar negeri,” tuturnya.

Dikatakannya, UIN Antasari Banjarmasin terus melebarkan sayap pendidikan mahasiswa di luar negeri, berbasis lokal, berwawasan global, sejalan dengan pilar kampus ini. (Antara) Baca artikel edukasi menarik lainnya di tautan ini. WNI di Malaysia bisa memilih di 6 TPS pada pemilu 2024. Harmono, Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, memperkirakan sekitar 30 persen dari 832.420 warga Indonesia yang tinggal di Malaysia akan memilih pada pemilu 2024. Detik Tegal.co.id 10 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan