Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Makanan Ini Jangan Dikonsumsi Saat Sarapan, Cuma Bikin Tambah Lapar dan Lesu

Makanan Ini Jangan Dikonsumsi Saat Sarapan, Cuma Bikin Tambah Lapar dan Lesu

Detik Tegal, Jakarta – Sarapan dengan makanan manis memang nikmat disantap, namun rasa kenyang tidak bertahan lama. Faktanya, kurangnya nutrisi pada makanan yang dimakan bisa membuat seseorang merasa lapar dan lesu nantinya.

Menurut ahli gizi Trista Best MPH RD LD, sebaiknya pilih makanan tinggi protein dan serat untuk sarapan. Kehadiran protein membantu seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu makan dan rasa lapar. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa protein lebih mengenyangkan dibandingkan karbohidrat.

Sedangkan makanan tinggi serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan mengurangi kemungkinan ngemil atau mengonsumsi lebih banyak kalori. Serat membantu menjaga energi dengan mengontrol gula darah, yang dapat menyebabkan kelesuan.

Menurut Eat This Not That, ada makanan tertentu yang harus dihindari saat sarapan. Beberapa contohnya adalah muffin, bagel, donat, sereal manis, dan wafel yang dibeli di toko. Makanan tersebut kekurangan serat dan protein yang penting untuk menjaga energi dan rasa kenyang, sehingga mereka bisa lebih sering ngemil dan makan lebih banyak di kemudian hari.

Sering dianggap sebagai sarapan praktis, muffin akan membuat Anda tidak merasa kenyang hingga sore hari. Menurut pakar nutrisi Lisa Young PhD RDN, muffin yang dibeli di toko tidak jauh berbeda dengan muffin karena sebagian besar terbuat dari biji-bijian olahan dan banyak gula yang tidak memberi Anda cukup serat.

Sedangkan bagel, meski mirip dengan donat, memiliki bahan yang berbeda. Bagel dianggap sebagai sarapan yang kurang mengenyangkan karena rendah protein dan serat namun tinggi karbohidrat. Bagaimana dengan donat? Meskipun populer untuk sarapan, makanan ini tinggi gula dan digoreng, yang dapat meningkatkan gula darah dan membuat Anda lesu.

Selain itu, sereal manis dapat membuat Anda lapar dan lesu karena tinggi gula dan kekurangan nutrisi penting seperti serat dan protein. Kurangnya serat dan protein pada sereal bisa menyebabkan Anda ngemil berlebihan di kemudian hari.

Lalu ada wafel yang tidak memiliki nilai gizi dan penuh kalori kosong. Meski kandungan proteinnya rendah, kandungan karbohidrat dan seratnya rendah membuat wafel kurang mengenyangkan dan membuat Anda lapar setelah makan.

Masih ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan untuk sarapan karena alasan yang sama.

Energy bar sering kali membuat orang yang memakannya merasa tidak puas, dan kekurangan nutrisi dapat menyebabkan rasa lapar di kemudian hari. Batangan energi tinggi gula dan memberikan dorongan energi cepat tanpa serat dan protein yang dapat memperlambat pencernaan dan membuat Anda kenyang.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah secara cepat, diikuti dengan perasaan lelah dan lapar. Selain itu, energy bar sering kali mengandung gula rafinasi dan memiliki nilai gizi minimal sehingga tidak cukup untuk menjaga energi dan kesehatan.

Meskipun beberapa jenis yogurt mengandung protein dan gula yang tinggi sehingga membuat Anda merasa kenyang, banyak yogurt supermarket yang rendah protein dan tinggi gula. Dipasarkan sebagai “makanan kesehatan” dan dibuat dari buah asli, yogurt sering kali mengandung banyak gula dan rendah protein, tidak cukup untuk membuat Anda bersemangat di pagi hari.

Lalu ada roti panggang dengan mentega, yang sering menjadi pilihan sarapan. Namun, makanan tersebut bisa lebih baik bila dikombinasikan dengan serat, protein, lemak sehat, atau antioksidan. Menambahkan sedikit mentega ke sepotong roti putih tidak akan membuat Anda kenyang.

Dan terakhir, kue dicelupkan ke dalam kopi atau teh. Makanan tersebut dapat memberikan rasa kenyang sementara karena tinggi karbohidrat namun rendah nutrisi dan serat. Hal ini dapat menyebabkan gula darah melonjak dan membuat seseorang merasa lesu di pagi hari.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan