Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Membanggakan, UMSU Peringkat I PTS Terbanyak Lolos Pimnas 2023

Membanggakan, UMSU Peringkat I PTS Terbanyak Lolos Pimnas 2023

Detik Tegal – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menduduki peringkat 1 perguruan tinggi swasta (PTS) se-Indonesia dan terbanyak peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2023 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Berdasarkan pengumuman Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Senin 6 November 2023 lalu, UMSU berhasil mendatangkan tujuh tim untuk mengikuti Pimnas 2023 yang digelar di Universitas Pajajaran.

Banyaknya tujuh tim yang lolos ke Pimnas juga menempatkan UMSU pada peringkat Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisiyah (PTMA). Selain itu juga meraih peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta se-LLDIKTI I wilayah Sumatera Utara dan peringkat 18 PTN-PTS se-Indonesia pada PIMNAS 2023.

Presiden UMSU, Prof. Agussani, MAP mengungkapkan rasa bangga dan bahagia atas prestasi yang diraih mahasiswa UMSU. Hal terbaik ini tidak lepas dari kerjasama dan dukungan para dosen dan mahasiswa UMSU.

“Alhamdulillah, selamat kepada mahasiswa UMSU yang berhasil lulus Pimnas,” ujarnya didampingi Wakil Rektor III Dr. Rudianto, MSi dan Presiden Pusat Riset dan Inovasi Mahasiswa (SRCC), Fatima Sari Siregar, SPd, M Hum di Medan akhir pekan lalu, Sabtu 11 November 2023.

Agussani menjelaskan, prestasi mahasiswa tersebut merupakan respon atas kepercayaan masyarakat terhadap UMSU sebagai institusi pendidikan. Pimnas merupakan acara yang populer karena diikuti oleh perwakilan PTN dan PTS dari seluruh Indonesia.

Selain itu, prestasi yang diraih saat ini merupakan wujud prestasi dari perjuangan dan komitmen peningkatan mutu pendidikan peserta didik. Prestasi mahasiswa juga tidak terlepas dari dedikasi dan kerja keras seluruh pimpinan fakultas dan program studi yang dilandasi rasa persatuan dan komitmen terhadap universitas.

Rektor berharap komitmen dan kekompakan seluruh mahasiswa dalam memajukan karya akademik dan mutunya terus didukung dan didukung.

Beliau berkata: “Teruslah membangun persatuan dan terus berbuat baik. Saat ini UMSU fokus pada peningkatan mutu dan kapasitas, mengikuti perkembangan internasional. UMSU terus berupaya dan berupaya mewujudkan mimpinya menjadi universitas bertaraf internasional,” jelasnya. .

Sementara itu, Ketua SRCC Fatima Sari, SPd, MPd mengatakan, program PKM tidak hanya tentang peningkatan kemampuan menulis tetapi juga proses pembelajaran sebagai mahasiswa.

PKM merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya menjadi pemimpin yang mandiri serta kreatif dan inovatif. Selain itu, PCM juga mengedepankan rasa percaya diri dan semangat bersaing, serta kemampuan bekerja sama dan bertanggung jawab

Selain itu, untuk dapat meraih penghargaan, setiap proposal yang disusun harus memenuhi kriteria pengembangan informasi dan budaya. PKM yang diajukan harus benar-benar kompetitif dan bebas dari batasan mata pelajaran.

Ia berharap pada Pekan Sains Mahasiswa Ukraina tahun 2023, inisiatif-inisiatif yang didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mampu mencapai hasil yang setinggi-tingginya. “Kami berharap proposal yang diajukan dapat meraih juara terbaik pada ajang Pimnas 2023,” ujarnya.

Baca artikel pengajaran menarik lainnya di tautan ini. Dukung pemilu damai, Rudyono: Tidak boleh ada intervensi negatif yang mengatasnamakan Kampus untuk melindungi semua kelompok. Detik Tegal.co.id 12 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan