Portal Berita Tegal
Beranda Teknologi Mengenal SAP, Raksasa Sofware Dunia yang Terseret Skandal Suap di Indonesia

Mengenal SAP, Raksasa Sofware Dunia yang Terseret Skandal Suap di Indonesia

JAKARTA – SAP (System Applications and Products in Data Processing), perusahaan software asal Jerman, mungkin hanya dikenal di kalangan tertentu saja. Namun nama mereka disebut-sebut karena terkait skandal suap. Termasuk yang melibatkan perusahaan Indonesia.

SAP setuju untuk membayar denda lebih dari USD 220 juta (Rp 3,4 triliun) untuk menyelesaikan tuduhan suap yang melibatkan pejabat pemerintah di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Pendanaan dan penghargaan, biasanya melalui konsultan bisnis eksternal, dimaksudkan untuk membantu bisnis meraih kesuksesan di Afrika Selatan,

Indonesia dan negara-negara lain.

Skandal suap tersebut diduga terjadi setidaknya sejak Desember 2014 hingga Januari 2022. Sapp mengatakan pihaknya bekerja sama dengan penyelidik dan menyusun ulang kebijakannya

“SAP berkomitmen untuk mempertahankan standar etika dan kepatuhan tertinggi,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

SAP, yang berkantor pusat di Jerman dan memiliki saham yang tercatat di Amerika Serikat, merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia.

Menurut AS di Indonesia, mereka disebut membiayai wisata belanja, makan dan lain-lain.

SAP SAP adalah perusahaan perangkat lunak Jerman yang mengkhususkan diri dalam pengembangan solusi perangkat lunak bisnis.

Solusi SAP enterprise dirancang untuk membantu organisasi mengelola berbagai aspek operasi mereka, termasuk keuangan, sumber daya manusia, rantai pasokan, penjualan, dan banyak lagi.

Perusahaan ini memberikan solusi optimal untuk berbagai industri khusus seperti manufaktur, perbankan, layanan kesehatan, ritel, dan banyak lagi.

Mereka terus-menerus mengembangkan dan memperbarui solusi perusahaan mereka untuk mengatasi perubahan dalam dunia bisnis dan teknologi. Solusi-solusi ini membantu organisasi mengoptimalkan operasi, meningkatkan efisiensi, dan tetap kompetitif dalam lingkungan bisnis global yang dinamis.

Berikut beberapa informasi mengenai perusahaan SAP di Indonesia:

1. SAP Indonesia didirikan pada tahun 1992. SAP Indonesia merupakan anak perusahaan dari SAP SE, sebuah perusahaan software asal Jerman.

2. SAP Indonesia menyediakan solusi perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) dan Business Intelligence (BI) untuk berbagai industri di Indonesia.

3. SAP Indonesia memiliki lebih dari 1.000 karyawan di seluruh Indonesia, serta lebih dari 100.000 karyawan di seluruh dunia.

4. SAP Indonesia telah membantu lebih dari 1.500 perusahaan di Indonesia meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnisnya.

Berikut beberapa nasabah SAP di Indonesia: – Bank Mandiri

– PT.Pertamina (persero)

– PT Telekomunikasi Indonesia (Persero)

-PT Unilever Indonesia

– PT Astra Internasional

Pada tahun 2022, SAP Indonesia berhasil meraih penghargaan “Top 100 Most Innovative Companies in Indonesia” dari Majalah SWA. Pada tahun 2023, SAP Indonesia berhasil meraih penghargaan “Best Employer in Indonesia” dari majalah Forbes.

Berikut beberapa layanan SAP yang populer di Indonesia: 1. Enterprise Resource Planning (ERP): Solusi ERP SAP adalah inti dari portofolio produk mereka. SAP ERP membantu organisasi mengintegrasikan proses bisnis mulai dari keuangan dan produksi hingga manajemen inventaris dan sumber daya manusia.

2. Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM): Solusi SAP CRM membantu organisasi mengelola interaksi dengan pelanggan, mempertahankan pelanggan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Manajemen Rantai Pasokan (SCM): Solusi SAP SCM membantu perusahaan mengelola rantai pasokan mereka dengan lebih efisien.

4. Business Intelligence (BI) dan Analytics: Solusi SAP BI menyediakan alat analisis yang kuat untuk membantu organisasi membuat keputusan berdasarkan data.

5. Manajemen Modal Manusia (HCM): Modul HCM SAP membantu dalam manajemen sumber daya manusia, termasuk rekrutmen, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, dan administrasi gaji.

6. Internet of Things (IoT): Ini mencakup pengumpulan dan analisis data dari sensor dan perangkat yang terhubung untuk membantu pengambilan keputusan.

7. SAP S/4HANA: SAP S/4HANA adalah solusi ERP berbasis memori yang dirancang untuk memberikan visibilitas real-time dan mendukung inovasi digital.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan