Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Menyelami Makna dan Hikmah Wukuf

Menyelami Makna dan Hikmah Wukuf

Makkah – Haji Haji se-Indonesia hari ini Selasa 27 Juni 2023 berada di Arafah untuk melaksanakan Haji Punchak 1444H/2023 M. Sebelum memulai ukuf di Arafa, para jamaah sempat melaksanakan salat subuh berjamaah di tenda Misi Haji Indonesia di Arafa.

Usai salat subuh, jamaah mendengarkan ceramah pagi “Meneliti Makna dan Filsafat Uquf” oleh Kh.H. bersama dr Aris Nimatulla.

Dalam sambutannya pada pagi harinya, Kh.H. Aris mengungkapkan, mengikuti ukuf di Arafah merupakan waktu dan tempat yang ditunggu-tunggu jutaan orang, banyak yang berharap dan berharap bisa menunaikan ibadah haji.

“Jadi kami bersyukur bisa hadir di tempat ini untuk menerapkan rukun Islam yang kelima,” ujarnya.

Arafa merupakan sebuah perjalanan panjang dimana Nabi Adam dan ibunya Siti Hawa bertemu kembali di Arafa setelah lama berpisah.

Arafa juga mengenang tanda-tanda awal keimanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, ketika Ismail dikorbankan setelah keabadian dalam upacara Qurban yang juga dilakukan di lapangan Arafa.

“Apapun yang kita minta dan idamkan di Arafat, pasti Allah kabulkan dan terkabulkan,” kata Kh.H dalam khutbahnya. Aris. Tapi, lanjutnya, tujuan shalat itu berdasarkan kehendak Allah, bukan keinginan kita, bukan keinginan kita.

“Seluruh nabi, rasul dan mukmin mendoakan keberkahan tempat di Arafat ini. Jadi kami berdoa dan berdoa di tempat ini, pada waktu yang tepat, pada waktu yang tepat.”

Perlu diketahui, rangkaian ukuf di Arafa rencananya akan dimulai pada H. Dengan dilantiknya Jeppy Supriyatna yang dijadwalkan pukul 10.00 WIB. Usai pembacaan ayat suci Alquran oleh Rezi Ardiansya.

Berlanjut pada pukul 11.05, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh Prof. Hilman Latief, lanjut Duta Besar RI Dr. H. Abdul Aziz MA, berbicara dari Komisi VIII RI RDK.

Kemudian pada pukul 12.00, Menteri Agama sekaligus perwakilan Amirul Haj, H. Yakut Cholil Quomas kembali angkat bicara. H. Setelah penjelasan metode ukuf oleh Jeppy Supriyatna, dan pada pukul 12.30-13.00, ceramah ukuf akan dibawakan oleh Habib Ali Hassan Al Bahar.

Setelah salat qashar berjamaah, salat dan wukuf hingga tanggal 28 Juni 2023, tanggal 10 Dzulhijjah, pukul 19.00-19.20 dilangsungkan salat qashar berjamaah. Pembayaran sebagian biaya haji diperpanjang hingga 23 Februari 2024 Direktorat Jenderal Haji Kementerian Haji dan Umrah (PHU) memperpanjang batas waktu pembayaran Biaya Perjalanan Haji (Bipih) imigrasi hingga 23 Februari 2024. Detik Tegal.co.id 13 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan