Portal Berita Tegal
Beranda Teknologi Meta Masukkan Pemimpin Iran dalam Daftar Hitam

Meta Masukkan Pemimpin Iran dalam Daftar Hitam

JAKARTA – Ayatollah Khamenei Iran masuk daftar hitam Meta. Meta telah memblokir beberapa akun Facebook dan Instagram yang konon milik Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Alasannya adalah karena melanggar undang-undang terhadap individu dan organisasi berbahaya.

Larangan itu dibenarkan Meta dalam keterangannya kepada beberapa wartawan, Kamis (8/2/2024). Middle East Eye melaporkan bahwa akun berbahasa Inggris dan Farsi telah ditangguhkan. “Kami telah menghapus akun-akun ini karena pelanggaran berulang terhadap organisasi berbahaya dan kebijakan swasta kami,” kata juru bicara Meta kepada AFP dan organisasi media lainnya.

Pernyataan Khamenei, yang dipandang sebagai pelanggaran terhadap prinsip tersebut, muncul setelah kelompok pro-Israel berulang kali menyerukan tindakan terhadap kehadiran online Khamenei setelah perang Israel dengan Hamas.

Pemerintah Iran membantah terlibat dalam serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023, namun menyatakan dukungan kuat kepada Hamas dan Otoritas Palestina dalam konflik baru-baru ini. Meta juga menegaskan bahwa organisasi atau individu yang mendorong kekerasan atau berpartisipasi dalam kekerasan tidak akan ditoleransi.

Halaman Instagram Khamenei berbahasa Persia memiliki lebih dari 5 juta pengikut, sedangkan versi bahasa Inggris memiliki 200.000 pengikut. Halaman Facebook-nya saat ini memiliki 16.000 pengikut. Beberapa akun terverifikasi atas nama Khamenei tetap aktif di X (sebelumnya Twitter) dalam berbagai bahasa.

Sebelumnya, pasca serangan teroris 7 Oktober, Ayatollah menyatakan pemerintahan Zionis akan digulingkan oleh rakyat Palestina dan kekuatan perlawanan di seluruh kawasan.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan