Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Mimpi Diselingkuhi, Mungkinkah Pertanda Masalah Dalam Hubungan?

26
×

Mimpi Diselingkuhi, Mungkinkah Pertanda Masalah Dalam Hubungan?

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Pernahkah Anda bermimpi pasangan Anda selingkuh lalu merasa cemas dan sedih? Mimpi ini bisa sangat mengganggu dan mungkin menimbulkan pertanyaan tentang makna dan dampaknya terhadap hubungan anda.

Apakah mimpi ini benar-benar pertanda masalah hubungan, atau cerminan dari ketakutan dan kecemasan Anda sendiri?

Seperti dilansir pakar mimpi dan konsultan sosial Metro, mimpi ini tidak selalu merupakan pertanda buruk.

“Mimpi selingkuh dari pasangan mungkin mencerminkan ketidakseimbangan emosional,” jelas Chambers. “Jika anda merasa cemas, cemas atau depresi, mimpi ini mungkin merupakan ‘cara berkomunikasi’ yang tidak disadari anda.

Chambers menambahkan, mimpi tersebut juga bisa disebabkan oleh trauma masa lalu, seperti perselingkuhan dalam hubungan sebelumnya. “Atau, mimpi ini mungkin menunjukkan bahwa anda tidak puas secara seksual dengan hubungan anda saat ini,” katanya.

Fakta bahwa banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu dengan pasangannya di rumah juga dapat berkontribusi pada peningkatan mimpi selingkuh. “Meningkatnya ketegangan dan kecemasan saat berada di rumah dapat memicu mimpi-mimpi tersebut,” kata Chambers.

Menurut survei yang dilakukan oleh Amerisleep, 21% orang mengaku pernah memimpikan pasangannya selingkuh dalam setahun terakhir, sedangkan 23% sisanya bermimpi selingkuh dari pasangannya.

Mimpi-mimpi ini sering kali dianggap normal dan bahkan menyehatkan, meski di kemudian hari bisa jadi menjengkelkan.

Penting untuk diingat bahwa mimpi adalah cerminan kesadaran kita dan bukan kenyataan.

Psikolog klinis dan terapis hubungan, Dr. Kelleher-Andrews, Arti mimpi selingkuh seringkali menjadi metafora untuk berbagai emosi dan kekhawatiran.

“Mimpi ini bisa menjadi pertanda rasa tidak aman pada diri sendiri, rasa tidak aman terhadap hubungan, atau ketakutan akan merasa ditinggalkan,” jelas Kelleher-Andrews. “Ini mungkin juga menunjukkan konflik antara Anda dan pasangan atau keraguan tentang diri Anda atau pasangan, apakah ada perselingkuhan atau tidak.”

Bermimpi tentang selingkuh mungkin merupakan salah satu cara anda mengungkapkan perasaan dan kekhawatiran yang tidak anda sadari.

Jika Anda sering bermimpi tentang selingkuh dan merasa khawatir, penting untuk membicarakannya dengan pasangan Anda atau mencari bantuan profesional untuk memahami akar penyebab mimpi tersebut.

Gail Bronstein, pakar mimpi lainnya, mengatakan mimpi selingkuh sering kali mencerminkan rasa tidak aman tentang hubungan atau area lain dalam hidup Anda.

“Saat kita tidur, semua kekhawatiran dan kecemasan kita muncul ke permukaan,” jelas Bronstein. “Penting untuk memperhatikan mimpi anda dan mencoba memahami maknanya tanpa mengabaikannya. Mimpi tidak selalu mencerminkan kenyataan dan dapat menjadi metafora untuk berbagai hal.”

Namun Bronstein mengimbau masyarakat untuk memperhatikan pesan yang mereka sampaikan melalui mimpinya. “Ketika ada kecemasan dalam suatu hubungan, ketakutan akan putusnya hubungan bisa berujung pada delusi perselingkuhan,” ujarnya. “Sebagai manusia, ketakutan kita muncul saat kita tidur, saat pikiran rasional kita tidak mampu menyensor atau menekan emosi dan pikiran kita.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *