Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Museum Nasional Indonesia Tutup 1 Tahun untuk Revitalisasi, Ini Alasannya

Museum Nasional Indonesia Tutup 1 Tahun untuk Revitalisasi, Ini Alasannya

Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan Museum Nasional Indonesia (MNI) dan Museum Gajah berencana ditutup tahun depan pasca kebakaran 16 September.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Fitra Adra saat diskusi publik yang digelar Ikatan Arkeolog Indonesia (IAAI) Komda Jabadetabek di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

“Museumnya akan kita tutup sementara, bahkan bisa sampai setahun. Kita akan melakukan pembenahan sampai museumnya rapi baru kita buka.” ujar Fitra.

Sekadar mengingatkan, Museum Nasional telah berhasil mengidentifikasi ratusan benda bersejarah yang ditelan ayam merah. Untuk meringankan dampak kebakaran, Museum Nasional bekerja sama dengan Museum Notre Dame Prancis, yang juga selamat dari kebakaran besar.

“Setelah penyelamatan koleksi terdampak dapat dilakukan, kerja keras mereka tercermin dalam tercapainya identifikasi 126 koleksi benda bersejarah berdasarkan data yang diterima pada Rabu (20/9),” tulis Biro Kerja Sama dan Humas. Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam siaran persnya.

Fitra juga menyampaikan dalam pemaparannya, terdapat 178 koleksi di museum nasional yang pecahannya tidak ditemukan pasca kebakaran.

“Ada 178 koleksi dan tidak ada fragmen yang ditemukan.” ujar Fitra.

Setidaknya enam ruangan dan 817 dari 194.000 koleksi artefak terkena dampaknya. Ruangan-ruangan tersebut antara lain Ruang Alam, Ruang Kebudayaan, Ruang Peradaban Islam, Galeri Terakota, Galeri Keramik, Galeri Perunggu, dan Galeri Prasejarah. Menurut dia, ada dua hal yang perlu dilakukan yakni mengolah koleksi dan membangunnya.

Sejauh ini, Fitra mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan polisi dan ahli untuk memantau dampak kebakaran tersebut. Sinar Mas Land bangun taman baca di 44 sekolah di Tangerang Untuk tingkatkan literasi, Sinar Mas Land luncurkan program bantu sekolah dengan bangun taman baca di 44 sekolah di Tangerang Detik Tegal.co.id 9 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan