Portal Berita Tegal
Beranda Teknologi NASA Luncurkan Satelit PACE Kumpulkan Data Bumi untuk Perangi Perubahan Iklim

NASA Luncurkan Satelit PACE Kumpulkan Data Bumi untuk Perangi Perubahan Iklim

Detik Tegal, JAKARTA – Perusahaan transportasi luar angkasa SpaceX berhasil meluncurkan satelit NASA senilai hampir satu miliar dolar (sekitar 15,6 triliun rupiah) ke orbit pada Kamis (2/8/2024). Satelit harus memantau kesehatan bumi, mulai dari lautan hingga atmosfer.

Selain itu, NASA atau Badan Penerbangan dan Antariksa AS juga mengatakan bahwa satelit tersebut akan mampu memberikan data penting yang akan membantu melawan perubahan iklim.

Satelit yang diberi nama PACE ini diluncurkan dengan roket Falcon 9 milik SpaceX setelah beberapa kali sebelumnya terancam gagal. Setelah mencapai orbit yang benar, PACE akan memulai pengamatannya di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Satelit ini akan mengumpulkan data tentang aerosol dan awan serta memindai bumi setiap dua hari untuk menganalisis komposisi kimia, pergerakan, dan interaksinya. Misi PACE NASA bertujuan untuk menyelidiki lingkungan bumi dengan mempelajari kesehatan lautan, kondisi atmosfer, dan ekosistem.

Proyek ini akan memantau kondisi plankton, aerosol, awan, dan lautan untuk lebih memahami bagaimana mereka berinteraksi dan mempengaruhi iklim planet dan kesehatan secara keseluruhan.

Para ilmuwan mengatakan data PACE akan memberikan wawasan penting mengenai pengaruh aerosol terhadap pembentukan awan dan membedakan berbagai jenis awan. Memahami faktor-faktor ini sangat penting untuk menafsirkan perubahan iklim dan kualitas udara.

Selain itu, data dari polarimeter PACE akan menyempurnakan model iklim dengan memberikan informasi atmosfer yang lebih akurat dan menggantikan model prakiraan saat ini dengan pengukuran langsung. Data polarimetri baru juga akan memberikan wawasan real-time mengenai polusi udara.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan