Portal Berita Tegal
Beranda Bisnis OJK Ajak Santri Belajar Keuangan Biar Nggak Jadi Korban Pinjol Dan Investasi Bodong

OJK Ajak Santri Belajar Keuangan Biar Nggak Jadi Korban Pinjol Dan Investasi Bodong

Detik Tegal – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Masyarakat Usaha Syariah (MES) dan pelaku usaha jasa keuangan syariah (PUJK) menyelenggarakan serangkaian kegiatan peningkatan literasi keuangan dan integrasi syariah serta Hari Santri Nasional 2022 dalam rangka memperingati Slogan “SAKINAH (Mahasiswa Mahir Literasi Keuangan Syariah).

Perayaan Hari Santri Nasional dilaksanakan serentak di lima (5) Pondok Pesantren pada tanggal 22 Oktober 2022, dan upacara pembukaannya dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Munnawir Krapyak Bantul dan Pondok Pesantren Darunnajah – Mathla’ul, Jakarta. Pondok Pesantren Anwar Leuwipanjang – Pondok Pesantren API Syubbanul Wathon Secang Banten – Magelang dan Pondok Pesantren Al-Anwar – Bangkalan.

Anggota Dewan Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi menyampaikan pentingnya pemahaman keuangan syariah bagi mahasiswa dalam sambutannya.

Mahasiswa didorong untuk memiliki tingkat literasi keuangan yang baik sehingga mempunyai kesempatan yang sama dalam mengakses pembiayaan (kepesertaan) pada lembaga jasa keuangan formal.

“Pada dasarnya belajar keuangan adalah kemampuan masa depan kita untuk mandiri secara finansial. Karena pengetahuan tentang pengelolaan keuangan merupakan life skill yang sangat penting bagi kita semua,” kata Friderica, Minggu (23/10/2022).

Menurut Friderica, tingkat literasi keuangan yang baik dapat meningkatkan kesadaran akan penawaran investasi ilegal/penipuan yang banyak terdapat di masyarakat.

Kuliah Edukasi Keuangan Syariah pada Rangkaian Kegiatan Hari Santri Nasional; Termasuk pencanangan Gerakan Santri Menabung dan Tabligh Akbar/Doa Bersama. Untuk mendukung Gerakan Santri Menabung dan Bulan Inklusi Keuangan, kampanye dilanjutkan dengan pembukaan rekening iB sederhana pada tanggal 22 hingga 25 Oktober 2022.

Penyelesaian dan penutupan Hari Santri Nasional rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2022 dengan penandatanganan program transfer Rekening Tabungan Santri oleh KH Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia. Memorandum of Understanding (MoU) antara OJK dan MES.

Friderica mengatakan, perayaan Hari Santri Nasional 2022 di pesantren akan berdampak besar terhadap lingkungan sekitar.

“Mengingat pentingnya peran pelajar terhadap lingkungannya, kami berharap inisiatif edukasi keuangan ini dapat meningkatkan literasi keuangan di masyarakat sehingga berkontribusi pada upaya pencegahan penipuan kredit konsumen atau investasi.” ” dia berkata.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan