Portal Berita Tegal
Beranda Bisnis Open Finance Bantu Bisnis Perbankan Layani Nasabah Hingga Wilayah Terpencil

Open Finance Bantu Bisnis Perbankan Layani Nasabah Hingga Wilayah Terpencil

Detik Tegal – Penggunaan open finance dinilai mampu mempercepat transformasi digital perbankan di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital di Indonesia.

“Open finance dapat menjadi jembatan antara perbankan dan industri fintech untuk mempercepat pembangunan. Inovasi dan konsolidasi keuangan di Indonesia, sehingga perusahaan perbankan dapat menyesuaikan proses layanan keuangan dan berbagai pendapatan berdasarkan pengumpulan biaya, “. (Selio) Pastor Yisthira.

Keuangan terbuka adalah praktik berbagi data yang memungkinkan pengguna berbagi data keuangan mereka dengan pihak ketiga melalui antarmuka pemrograman aplikasi (API).

Open Finance memungkinkan bank menyediakan layanan digital yang aman.

Menurut Bhima, bagi bank tradisional, layanan digital menjadi jalan untuk terus maju dan bersaing memenuhi kebutuhan masyarakat. Terutama di daerah yang sulit dijangkau.

Sementara itu, bagi nasabah tentunya dampaknya adalah pada akses terhadap beragam layanan keuangan sesuai kebutuhannya.

Oleh karena itu, regulasi terkait open finance diharapkan segera dirilis untuk mendukung perkembangan industri jasa keuangan secara umum.

Mendukung rencana sistem pembayaran Indonesia tahun 2025, salah satunya melalui penerapan standar Payment Open API (SNAP). Penerapan SNAP merupakan langkah penting dalam mempercepat keterbukaan keuangan, khususnya di bidang sistem pembayaran.

Namun diperlukan peraturan tambahan yang memuat hak dan kewajiban berbagai pihak, termasuk pengguna, pihak ketiga, dan masyarakat. Peraturan tersebut juga memerlukan sanksi jika terjadi pelanggaran, kata Bhima, dilansir Antara.

Bhima menjelaskan, Bank Indonesia telah mendorong open financing melalui SNAP. Namun keberadaan SNAP harus didukung dengan peraturan baru yang mulai berlaku dan mempunyai akibat hukum.

“Adanya regulasi yang jelas dan mengikat akan membuat lembaga keuangan atau bank lebih leluasa dalam menerapkan open finance dan menciptakan rasa aman masyarakat dalam menggunakan layanan tersebut. Open finance di Indonesia dapat berjalan dengan lancar,” ujar Pak Bhima.

Brankas, salah satu penyedia keuangan terbuka, juga mendukung upaya pemerintah dalam menerapkan keuangan terbuka di Indonesia secara keseluruhan.

Country Manager Brankas Indonesia Husni Fuad meyakini keterbukaan finansial membantu perbankan mempercepat layanan digital sekaligus meningkatkan penetrasi layanan konsumen.

“Sejak saat ini di Indonesia, Brankas memiliki ekosistem terluas produk API yang menjadi pilar perbankan yaitu informasi, sistem pembayaran dan inovasi produk digital. Beliau menyampaikan bahwa Indonesia mempunyai peran penting dalam “membantu percepatan transformasi digital Bank” .

Husni juga menjelaskan penerapan open finance secara komprehensif akan mendorong efisiensi sistem pembayaran digital di perbankan.

Kemunculan open finance juga diharapkan dapat mengurangi fragmentasi sektor keuangan dan mempercepat perekonomian digital di Indonesia.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan